Kabupaten samosir Tetap Fokus Kendalikan Covid-19

fokus mengendalikan Covid-19

topmetro.news – Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengulang kembali pernyataan Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya kepada para gubernur se-Indonesia pada 1 September 2020 lalu melalui video conference, agar tetap fokus mengendalikan Covid-19 pada daerah masing-masing.

Pengulangan ini bertujuan untuk tetap mengingatkan seluruh masyarakat Samosir tentang pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan. Antara lain yang berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak berkerumun, dan pemakaian masker.

Dalam praktiknya, Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya disiplin pelaksanaan protokol kesehatan yang disertai pengawasan berkala dan tegas dilakukan dengan pemberian sanksi yang nyata bagi para pelanggar. Tentunya harus berawal dari sosialisasi yang masif dan intensif.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir menyadari sepenuhnya bahwa masyarakat belum melaksanakan protokol kesehatan secara total. Hal itu karena belum terbentuk kesadaran akan potensi bahaya oleh Covid-19. Termasuk cara masif penularannya melalui interaksi sehari-hari.

Sesungguhnya pemerintah telah sedang berupaya sedapat mungkin untuk penyediaan Vaksin Covid-19 yang kemungkinan mencapai 290 juta dosis. Namun demikian, upaya pemerintah itu idealnya diimbangi dengan disiplin penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi jumlah kasus konfirmasi positif setiap hari secara nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Saat ini, ada kekuatiran tidak berimbangnya kasus konfirmasi positif harian dengan fasilitas kesehatan yang tersedia bagi daerah-daerah yang kasus konfirmasinya relatif sangat tinggi.

Selain pemulihan pada bidang ekonomi, pemerintah kabupaten/kota supaya tetap berkonsentrasi mengendalikan penularan Covid-19. Tentunya melalui kerja keras dan kolaborasi bersama seluruh elemen yang ada setelah hidup dalam normal baru.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir bersama seluruh elemen masyarakat akan berupaya keras untuk tetap fokus dalam pengendalian dan penanganan Covid-19. Upaya itu dilakukan sampai vaksin ditemukan dan dapat digunakan secara efektif bagi manusia pada tahun 2021.

Oleh karena itu, mari kita dukung Satgas Penanganan Covid-19 beserta seluruh elemen masyarakat menggiatkan fokus pada pengendalian Covid-19. Agar kasus konfirmasi positif harian tidak naik secara signifikan. Melainkan turun secara perlahan-lahan secara pasti berkat penerapan kedisiplinan dan protokol kesehatan secara ketat.

Info Covid-19

Sementara itu, data perkembangan Covid-19, hingga Hari Sabtu (5/9/2020), untuk nasional, konfirmasi 3.128 orang (190.665). Sembuh 2.220 orang (136.401) dan meninggal dunia 108 orang (7.940). Untuk Provinsi Sumatera Utara, konfirmasi 162 orang (7.552). Sembuh 113 orang (4.450) dan meninggal dunia 6 orang (333).

Khusus untuk Kabupaten Samosir, suspek nihil, konfirmasi nihil, sembuh satu orang, dan meninggal dunia satu orang.

sumber | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment