Polres Humbahas Kembali Laksanakan Vaksinasi Presisi

Polres Humbang Hasundutan Kembali Laksanakan Vaksinasi Massal

topmetro.news – Dengan mengikuti Protokol Kesehatan, Polres Humbang Hasundutan kembali menjalankan vaksinasi massal, Selasa (13/7/2021), di lapangan parkir Mapolres Humbahas.

Sejumlah masyarakat yang hendak ikut vaksin, terlebih dahulu mengukur tensi darah. “Hal itu untuk mengetahui layak atau tidaknya seseorang itu untuk ikut vaksinasi,” sebut AKP Rissad Manalu selaku Ketua Koordinator Vaksinasi Massal.

Tampak seorang lansia tidak ikut vaksin, karena tensinya melebihi batas normal. Sedangkan orang dengan hipertensi masih bisa menjadi penerima vaksin, asalkan tekanan darahnya masih di bawah 180/110 MmHg. Pengukuran tekanan darah ini berlaku sebelum peserta sampai di meja skrining.

Tak langsung pulang, peserta yang tekanan darahnya belum memenuhi syarat bisa menunggu 30 menit hingga 1 jam.

Lanjut Rissad, hal itu juga dilakukan untuk memudahkan paramedis dalam menyuntikkan vaksin kepada seluruh masyarakat yang hadir. “Dan untuk vaksinasi hari ini, total 160 orang sudah kita vaksin, dengan menggunakan Vaksin Corona-Vac,” ujar Rissad

Perpres Vaksinasi

Masih menurut Kasat Narkoba Polres Humbahas itu, vaksinasi massal oleh Polres Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Humbahas itu sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No. 99 Tahun 2020.

Perpres No. 14 Tahun 2021 mengatur tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Di mana di dalamnya disebutkan bahwa Kementerian Kesehatan akan melakukan pendataan dan penetapan sasaran penerima Vaksin Covid-19.

Kebanyakan dari masyarakat yang hadir dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut, kurang memahami tata laksana vaksinasi. Namun dengan kesigapan AKP Rissad Manalu dan beberapa anggotanya, bolak balik harus mengatur masyarakat yang hendak ikut vaksin.

Di akhir kegiatan, Rissad berharap kepada masyarakat agar jangan kecewa karena tidak dapat ikut vaksin pada hari itu. Ia berpesan agar kembali lagi datang pada Hari Jumat (16/7/2021).

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment