Perhatikan, Jerawat Bisa Muncul Dengan 5 Hal Ini

TOPMETRO.NEWS – Biasanya jerawat menjadi masalah kulit nomor satu yang umum terjadi namun sangat dihindari. Seperti tinggal di wilayah tropis di indonesia membuat wajah mudah sekali berminyak.

Akhirnya minyak yang akhirnya mengundang debu dan kotoran menempel membuat adanya jerawat tidak bisa lagi dihindari. Tapi, pernahkah kamu berpikir kenapa jerawat bisa muncul tiba-tiba di wajah? Mungkin 5 hal ini bisa jadi salah satu penyebabnya:

1. Mengobrol lewat ponsel
Ponsel sebenarnya menjadi sarang bakteri dan kuman karena kita terbiasa menyentuh barang apa saja lalu berakhir dengan menyentuh ponsel setelahnya. Saat mengobrol, pipimu akan berentuhan dengan ponsel yang dapat memicu munculmya jerawat. Untuk mencegahnya sebaiknya rutin bersihkan layar ponsel dan mengobrol dengan menggunakan headset.

2. Tak rutin mengganti sarung bantal
Penyebab jerawat berikutnya bisa jadi karena sarung bantal yang tak rutin diganti. Hayo.. Ingat-ingat lagi kapan terakhir kali mengganti sarung bantal dan sprei tidurmu? Sarung bantal dan sprei yang tak diganti terlalu lama dapat menjadi sarang debu dan berbau tak sedap. Idealnya mengganti sprei dan sarung bantal dilakukan setiap minggu atau 2 minggu sekali. Jika tidak, waspada jerawat bisa datang tak diundang, apalagi untuk kamu yang terbiasa tidur menyamping sehingga menempelkan pipi di sarung bantal.

3. Tak cukup waktu tidur
Tidur yang kurang akan membuat tubuh lelah dan memicu stress. Sebuah penelitian mengatakan bahwa stress dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang akan memproduksi minyak secara berlebih. Kulit yang berminyak bersahabat erat dengan jerawat apabila tidak dijaga dengan baik. Jadi, alangkah baiknya untuk tidur tepat waktu dan jauhi begadang agar tubuh bisa lebih sehat, termasuk kulit.

4. Tak memakai tabir surya
Kamu mungkin tidak merasa terancam dengan sengatan sinar matahari sehingga tidak merasa perlu memakai tabir surya. Tapi, sebaiknya kamu perlu lebih waspada dengan kesehatan kulitmu karena kebiasan terpapar cahaya matahari terutama pada pertengahan hari akan membuatmu terkena radiasi UV. Selain dampak panjangnya yang menyebabkan kanker kulit, dampak jangka panjang juga perlu kamu waspadai. Terik sinar matahari akan membuat wajahmu cepat kering dan memicu sel kulit untuk memprodusi minyak alami secara terus-menerus. Minyak yang tercampur debu dan kotoran bisa membuat penyumbatan di pori-pori yang berujung pada munculnya jerawat.

5. Jarang keramas
Mencuci rambut secara rutin tak hanya baik untuk kesehatan rambutmu, tapi juga kulit wajah. Rambut adalah bagian tubuh yang dekat dengan wajah, apalagi untuk kamu si pemilik rambut panjang. Pasti ada banyak momen ketika rambutmu bersentuhan dengan wajah. Rambut yang kotor akan menempel di wajah yang akan memicu munculnya jerawat di kulit.(TMN)

 

Dari berbagai sumber.

Related posts

Leave a Comment