You are here
Kenapa Merasa Jatuh Ketika Ingin Tidur? Kesehatan 

Kenapa Merasa Jatuh Ketika Ingin Tidur?

topmetro.news – Ada banyak masalah tidur. Di antaranya mengalami perasaan terjatuh atau terkejut ketika ingin tidur di malam hari. Ini seringkali membuat kualitas tidur kita terganggu. Di dunia kesehatan kejadian ini dikenal dengan istilah Hypnic Jerk.

Hypnic Jerk sendiri adalah kondisi di mana otot di seluruh bagian tubuh dari kepala sampai kaki mengalami ketegangan secara tiba-tiba saat kita memasuki fase tidur yang lebih dalam.

Menurut survei yang dilakukan oleh sleep.org, sebuah organisasi independen yang bergerak di bidang kesehatan, sekitar 70 persen orang pernah mengalami kejadian serupa.

Kafein dan Kelelahan

Beberapa hal yang memicu kejadian tersebut antara lain ialah kondisi tubuh yang terlalu letih ketika ingin tidur. Juga karena mengkonsumsi terlalu banyak kafein, stres yang berlebihan serta efek samping dari penyakit lain yang pernah atau sedang dialami oleh seseorang.

Tidak hanya menyerang orang yang memiliki kondisi fisik kurang baik, Hypnic Jerk juga dapat menyerang orang dengan kondisi sehat.

Dikutip dari NBC News, menurut Direktur Kesehatan Florida Sleep Institute Dr William Kohler, hypnic jerk merupakan kontraksi otot secara menyeluruh di tubuh. Biasanya terjadi ketika dalam proses transisi dari sadar menuju fase tidur. Penyebab pasti dari hypnic jerk belum bisa dipastikan sampai saat ini.

Gaya Hidup Sehat

Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh saat sedang sakit ataupun sehat. Memulai gaya hidup yang sehat dan teratur, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan minuman dengan kadar kafein dan gula yang tinggi.

Serta yang tidak kalah penting adalah melakukan hal-hal yang mengistirahatkan pikiran agar tidak terlalu stres dalam melakukan pekerjaan akan membantu kita terhindar dari kejadian ini. (TM-RED)

sumber: detik.com

138 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment