You are here
Puluhan Pabrik PTPN3 Mulai Menggiling, Stok Gula Aman Ekonomi & Bisnis 

Puluhan Pabrik PTPN3 Mulai Menggiling, Stok Gula Aman

Topmetro.news – Stok gula aman pasca 23 unit pabrik gula di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN3 mulai melakukan aktivitas penggilingan. Dimulainya aktivitas penggilingan dimaksud membuat stok gula aman untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Cholidi, Direktur Tanaman Semusim Holding Perkebunan Nusantara PTPN3 mengatakan, hingga kini stok gula di gudang pabrik gula milik holding dan RNI sebanyak 251 ribu ton.

Jika dengan estimasi konsumsi nasional 250 ribu ton per bulan, stok itu cukup sampai satu bulan ke depan. ’’Apalagi, ini sudah masuk musim giling,’’ kata Cholidi akhir pekan kemarin.

Produksi Melimpah, Stok Gula Aman

Di lingkungan holding, ada beberapa pabrik gula yang sudah giling. Di antaranya, tiga pabrik gula di Jateng, 17 pabrik gula di Jatim milik PTPN X dan PTPN XI, serta tiga pabrik gula di luar Jawa. Dengan begitu, pihaknya memastikan stok bakal melimpah.

Tahun ini, tambah Cholidi, Holding Perkebunan Nusantara PTPN3 menargetkan produksi gula sebesar 1,169 juta ton.

Angka produksi itu naik dibandingkan realisasi pada 2017 yang sebesar 860.881 ton.

’’Sejauh ini, kondisi normal kering di mana ada tren rendemen lebih baik. Tapi, karena beberapa tanaman tebu kami mulai masuk masa berbunga yang pertumbuhannya berhenti, kemungkinan produktivitas terkoreksi. Tapi, diharapkan tertutup rendemen yang baik,’’ papar Cholidi.

Kebutuhan Gula 3,6 Juta Ton

Tahun depan, pemerintah memperkirakan konsumsi gula mentah untuk kebutuhan industri mencapai 3,6 juta ton. Proyeksi ini lebih tinggi 6 persen ketimbang konsumsi gula mentah kebutuhan industri tahun ini sebesar 3,4 juta ton.

“Kita tidak mengambil angka yang terlalu agresif. Pemerintah mengindikasikan pertumbuhan konsumsinya sekitar 5%—6%,” ujar Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto di Jakarta beberapa waktu lalu.(tmn)

 

sumber: jpnn

40 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment