Ini Penyebab Suhu Udara Kota Medan Panas Terik

suhu udara kota medan

topmetro.news – Hari ini, suhu udara Kota Medan hari ini, Selasa (14/8/2018) terasa sangat panas dan terik. Bahkan udara yang berhembus pun seperti membawa hawa panas.

Namun menurut BMKG Wilayah I Medan, puncak suhu tadi yang mencapai 35,6 derajat pada pukul 13.00 WIB, belum kategori yang terpanas. Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, mengungkapkan, bahwa suhu udara Kota Medan pernah mencapai 36 derajat.

Suhu Udara Kota Medan Masih Normal

Dikatakan Irene Purba, suhu udara Kota Medan yang terjadi tadi masih kategori normal. “Kondisi cuaca ini diprediksi terjadi hingga dua hari ke depan atau Rabu,” sebut Lestari.

Ia menambahkan, pada Kamis nanti diperkirakan akan terjadi hujan ringan karena sudah ada pembentukan awan hujan yang cukup banyak. “Hujan juga akan terjadi dengan intensitas ringan di wilayah lereng dan pegunungan,” imbuhnya.

Irene melanjutkan, salah satu faktor penyebab suhu udara Kota Medan panas adalah karena pola angin yang divergen atau menyebar. Pola angin ini disebabkan akibat gangguan cuaca dari Laut Cina Selatan.

“Gangguan cuaca di Laut Cina Selatan menarik massa udara di Medan sekitarnya. Sehingga membuat pola angin menyebar. Akibatnya, pertumbuhan awan-awan hujan berkurang,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Medan Sering Hujan, Debit Air Bersih Justru Turun

Disebabkan Kelembaban Udara Rendah

Faktor lain, kata dia, karena kelembaban udara pada lapisan udara atas cukup rendah. Oleh karenanya, tidak mendukung pertumbuhan pembentukan awan hujan.

“Untuk membentuk awan hujan, kelembaban di lapisan udara atas minimal 70 persen. Saat ini kelembaban udara yang terjadi di Medan sekitarnya tidak sampai 70 persen,” sebutnya.

Faktor ketiga, sambung dia, penyebaran angin di lapisan udara atas cukup kencang. Hal ini mengakibatkan proses pembentukan awan hujan menjadi cepat terbuai.

“Memang labilitas udara di Medan dalam kondisi stabil. Sehingga mengakibatkan berkurangnya pembentukan awan hujan,” jelasnya. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment