Jalan Desa Kwala Gunung Penuh Rawa dan Berlumpur

jalan Desa Kwala Gunung

topmetro.news – Sekira 15 tahun lalu, jalan Desa Kwala Gunung Kecamatan Datuk Limapuluh Kabupaten Batubara, banyak yang hancur dan berlumpur. Apalagi kalau hujan turun, akan menjadi becek dan licin.

Hal ini sebagaimana pengakuan, Tatu, mandor panen Pekebunan Kelapa Sawit Kwala Gunung, Senin (28/9/20), ketika berbincang pada lokasi tempatnya bekerja.

Tatu mengatakan, ia sudah bekerja menjadi mandor perkebunan sawit itu selama 15 tahun. Jadi setidaknya tahu betul kondisi jalan daerah sini. “Sebelum ada perbaikan jalan ini, kondisinya sangatlah parah, karena lokasi ini merupakan daerah rawa,” terangnya,

Ia mengatakan, kalau musim kemarau tanahnya tetap basah, makanya jalan tetap licin. Kondisi ini akan semakin parah, jika tiba musim hujan. Maka jalan akan tergenang air. “Keadan jalan yang seperti itu tentunya mempersulit aktifitas masyarakat menggunakan (melalui) jalan. Dan tak jarang terjadi kecelakaan jika memaksakan melintasinya,” ungkapnya.

Senang Jalan Bakal Bagus

Katanya, mendengar informasi bahwa pada pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 109. Dan oleh Kodim 0208/Asahan memusatkan pelaksanaannya untuk daerah mereka tentunya sangat senang.

“Apalagi ada rencana mau melakukan pembangunan rigid beton ruas jalan menuju RSUD sepanjang 191 meter lebar 5 meter dan tebal 20 cm untuk Desa Kwala Gunung Kecamatan Datuk Limapuluh Kabupaten Batubara. Sontak kebahagian itu semakin bertambah,” terangnya dengan wajah dan seyum lebar.

Lanjutnya, sampai dengan hari ke tuju pelaksanaan TMMD 109 oleh Kodim 0208/Asahan situasi jalan sudah mulai bagus dan mulai pada pemadatan. “Dengan ada kegiatan ini kami sampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI dan kepada Kodim 0208/Asahan terlebih kepada Bapak Komandan, yang mana sudah melakukan perbaikan jalan melalui kegiatan TMMD untuk tempat kami ini,” ungkapnya dengan nada senang.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment