Uang Palsu Beredar di Aceh Singkil, Targetnya Warung yang Dijaga Perempuan

uang palsu di Aceh

topmetro.news – Ada-ada saja kelakuan penjahat saat ini untuk mendapatkan untung. Termasuk dengan cara mereka mengedarkan uang palsu, seperti yang terjadi di Aceh Singkil.

Hal ini terungkap di Aceh Singkil yang mana sudah banyak warung-warung kecil di tepi jalan menjadi korbannya.

Menurut keterangan salah seorang korban penipuan upal tersebut, Kardi (27) warga Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil, bahwa ia bersama istri sudah jadi korban tipu pembeli.

“Iya. Semalam sekitar pukul 20.00 WIB ada pembeli menggunakan mobil Avanza warna siver berplat BK membeli rokok ke warung kami,” ucap Kardi, Jumat (2/10/2020).

Menurut Kardi, saat itu, istrinya yang sedang menjaga warung. “Kejadiannya bermula, seperti biasa istri saya menjaga warung. Selanjutnya datang pelaku mengendarai mobil Avanza itu untuk membeli rokok tiga bungkus dengan menyodorkan uang pecahan 50 ribu,” urainya.

Lanjutnya, mereka tidak curiga dan menerima saja uang kerts tersebut. “Memang awalnya kami tidak curiga. Namun salah seorang warga mengatakan bahwa uang tersebut upal (uang palsu), setelah melihatnya saat pengembalian uang pecahannya,” katanya.

“Setelah kami sadar bahwa uang yang satu palsu, kami cek uang yang kedua. Ternyata benar saja kami sudah kena tipu,” tutur Kardi dengan nada pasrah.

Sayangnya, mereka tidak mengetahui detail mobil pemilik uang palsu tersebut. “Istri saya tak ingat siapa pelaku dan plat nomornya. Namun untuk mobil warna silver merk Avanza,” jelasnya.

“Hal ini kami sudah laporkan ke Babinkamtibmas dan sudah ditangani,” sambung Kardi.

Ia pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati bila ada orang ingin membeli. “Ccek dulu uangnya baru lakukan transaksi. Agar jangan tertipu seperti kami,” katanya.

Uang Palsu dan Air

Sementara itu dari penelusuran reporter topmetro.news, di media sosial juga ada masyarakat yang mengaku bahwa dirinya juga ditipu orang yang sama di Desa Lae Ijuk Kecamatan Gunung Meriah. Yakni dengan modus yang sama membeli rokok tiga bungkus dengan uang palsu pecahan Rp50 ribu.

Sementara itu salah satu netizen memberi tips agar mengetahui perbedaan uang palsu dan asli dengan cara menyiram dengan air. Maka akan ketahuan.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment