Astra Ajak Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

Berkebun dan menanam pohon

topmetro.news – Sebagian besar masyarakat yang harus beraktifitas di rumah akibat Pandemi Covid-19 mulai membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. Berkebun dan menanam pohon menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama berada dalam rumah.

Akibat terjadi pergeseran perilaku masyarakat tersebut, penjualan tanaman pada berbagai daerah meningkat secara signifikan. Apabila kebiasaan baru menanam pohon ini dapat berkelanjutan, gerakan bersama masyarakat tersebut akan dapat berkontribusi mengatasi masalah lingkungan sekitar kita.

Gerakan mengatasi masalah lingkungan juga jadi komitmen Astra, yang merupakan bagian dari ekosistem Indonesia. Serta senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa melalui program kontribusi sosial berkelanjutan. Salah satunya pada bidang lingkungan.

Sejalan dengan gerakan tersebut, Astra pada Hari Sabtu (28/11/2020) mengadakan Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema ‘Eco-Youth Generation’.

Festival tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Melalui kegiatan ini, Astra tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berperan. Tetapi mengajak generasi muda untuk mulai peduli terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan yang bisa berdampak besar.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk makin meningkatkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan lainnya dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dalam festival secara virtual itu, turut hadir Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nandang Prihadi. Serta tokoh lingkungan dan konservasi energi Indonesia Ir Tri Mumpuni.

Eco-Youth Generation

Sesuai dengan tema acara, Astra menghadirkan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2019 bidang lingkungan, Maya Stolastika. Juga para aktivis muda yang bergerak pada bidang lingkungan. Seperti Co-Founder Rebricks Novita Tan dan Co-Founder #SayaPilihBumi Diky Wahyudi Lubis. Bertujuan membahas tentang generasi milenial menuju generasi minim sampah plastik. Serta peduli konservasi melalui channel YouTube SATU Indonesia.

Para narasumber menjelaskan kontribusinya dalam melestarikan lingkungan melalui program-program yang telah mereka jalankan.

Penanaman Pohon

Astra telah melaksanakan beberapa program terkait dengan bidang lingkungan. Antara lain adalah penanaman lebih dari lima juta pohon sejak tahun 2008 untuk berbagai wilayah Indonesia,

Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara atau Pranaraksa yang telah berhasil mengonservasi 208 jenis bibit buah langka dan endemik lokal Indonesia. Pembinaan 116 Kampung Berseri Astra pada 34 provinsi, yang mana sebagian mengangkat tema ‘eco village’ dan ‘kampung iklim’ yang juga sejalan dengan program Pemerintah Indonesia.

Serta ada pengembangan 753 Desa Sejahtera Astra (DSA) pada 34 provinsi. Salah satunya adalah desa berlokasi pada Kendal, Jawa Tengah, yang saat ini merupakan daerah penghasil minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan.

Semangat Kurangi Plastik

Astra juga menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik, baik internal Grup Astra maupun pada masyarakat binaan Astra. Melalui program ini, Astra berhasil mereduksi 8,7 ton plastik dan mengelola lebih dari 49 ton plastik pada internal Grup Astra. Serta mengelola lebih dari 360 ton sampah plastik oleh masyarakat melalui 70 bank sampah binaan Astra selama tahun 2020.

Program-program tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam. Sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan program-program pemerintah dalam bidang lingkungan.

Kontribusi Astra dalam mengajak generasi muda untuk melestarikan lingkungan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment