Awas, Jangan Coba Bikin Rusuh!

Jangan coba bikin rusuh

TOPMETRO.NEWS – Jangan coba bikin rusuh pada Pilkada serentak yang digelar hari ini, 9 Desember 2020. Soalnya, siapapun yang bikin kerusuhan bakal ditindak tegas aparat keamanan.

Setidaknya, dalam rangka pengamanan dari gangguan Kamtibmas saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), prajurit TNI Kodam I/BB dan personil Polri Polda Sumut (Poldasu) serta aparatur Pemerintah Kota (Pemko) Medan, bersama-sama sudah menggelar patroli gabungan berskala besar, Selasa (8/12/2020).

Patroli diawali dari Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan, langsung dipimpin Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, bersama Kapoldasu, Irjen Pol Martuani Sormin, diikuti Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsma TNI Erson SB Sinaga, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Wakapoldasu, Brigjen Pol Dadang Hartanto, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb JH Ginting, Danwing 3 Paskhas, Kolonel Pas Deni Ramdani, Dandim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, Danyonmarhanlan I Belawan, Letkol Mar Farick dan para PJU dari Kodam I/BB, Poldasu, Lantamal I, Kosekhanudnas III, serta pejabat terkait dari Pemko Medan.

Di tengah kegiatan itu, Kapoldasu dalam arahannya menegaskan, patroli gabungan oleh prajurit dan personil TNI-Polri serta aparatur Pemko Medan, tujuannya tak lain guna memberikan rasa aman dan menciptakan situasi kondusifitas di kota Medan, yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara.

“Patroli gabungan skala besar ini serentak dilakukan di 23 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara yang akan menggelar Pilkada serentak di tahun 2020. Selain itu, patroli ini juga sebagai wahana untuk mengimbau warga untuk menggunakan hak politiknya dalam memilih calon kepala daerah,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk pengamanan Pilkada Poldasu menurunkan personel dengan dibantu prajurit Kodam I/BB.

“Kita telah mengirimkan personel untuk pengamanan Pilkada serentak 2020 di 23 Kabupaten/Kota Sumut, yang nantinya juga kita akan dibantu oleh personel TNI yang berada di daerah. Dalam hal ini Korem dan Kodim, saat ini pasukan sudah berada di lokasi TPS hingga lokasi paling jauh di kepulauan Nias,”terang Irjen Pol Martuani Sormin.

Kapoldasu berharap, pelaksanaan Pilkada di tahun 2020 di wilayah Sumut dapat berlangsung lancar dan kondusif, serta tidak terpengaruh situasi politik di Jakarta.

“Mudah-mudahan suasana di Jakarta tidak berimbas ke Sumut. Karenanya, personel TNI-Polri di wilayah Sumut siap mengamankan Pilkada. Siapapun yang menghalangi akan ditindak tegas. Tidak boleh ada pihak manapun yang menghalangi hak politik setiap warga,” pungkasnya.

Dukung Operasi Pengamanan Pilkada

Senada, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, menegaskan jika TNI dari tiga Matra di jajaran Kodam I/BB siap mendukung operasi pengamanan Pilkada serentak 2020 di wilayah Sumut.

“Melalui patroli ini kami memberi keyakinkan agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dan tetap laksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) guna pencegahan Covid-19,” tegas Hassanudin.

Kepada seluruh personel pengamanan Pilkada, Pangdam mengimbau agar melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.

“Mari kita jadikan tugas ini sebagai amal ibadah, dan tetap bersinergi serta berkoordinasi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tanpa ada kendala.”

Dikatakannya, patroli gabungan skala besar ini juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial ditengah masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integrasi bangsa.

“Hal ini yang harus kita waspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumut, khususnya Kota Medan dan sekitarnya,”tegasnya.

Diketahui, patroli gabungan skala besar TNI-Polri dan Pemko Medan tersebut terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Pangdam I/BB, Kapoldasu, Danlantamal I, Pangkosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Wing 3 Paskhas, Dandim 0201/BS, Yonmarhanlan I, dan para PJU TNI-Polri.

Sedangkan kelompok kedua terdiri dari personel Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0201/BS, Bhabinkamtibmas dari Polsek jajaran Polrestabes Medan, dan Satpol PP jajaran Pemko Medan.

BACA SELENGKAPNYA | Brimob Batalyon B Di-BKO-kan ke Polres Simalungun

topmetro.news – Untuk membantu pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, untuk Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020, Polisi daerah Sumatera Utara (Poldasu) memperbantukan (BKO) personil Brimob dari Batalyon B sebanyak 58 personil minggu, (6/12/2020).

Nantinya, ke 58 personil itu akan disebar ke Polsek-polsek sejajaran Polres Simalungun untuk mendukung Polres Simalungun dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada.

reporter | jeremitaran
sumber | mistar

Related posts

Leave a Comment