Facebook Mungkin Akan Ceraikan WhatsApp

Facebook menghadapi gugatan

topmetro.news – Facebook menghadapi gugatan hukum pelik dari regulator Federal Trade Commission (FTC) dan para jaksa dari lebih 45 negara bagian Amerika Serikat. Intinya, Facebook mereka pandang menyalahgunakan kekuasaannya untuk monopoli.

Artinya, pengadilan bisa saja nantinya memutuskan Facebook harus menjual WhatsApp dan Instagram. Atau menjadikan keduanya sebagai perusahaan terpisah. Akankah hal itu menjadi kenyataan?

“Selama hampir satu dekade, Facebook telah menggunakan dominasi dan kekuatan monopolinya untuk menghancurkan rival lebih kecil. Menghabisi kompetitor. Semuanya dengan biaya dari para user sehari-hari,” cetus Letitia James, Jaksa Agung New York.

BACA JUGA | Cara Gunakan SMS Gratis Android, Mirip WhatsApp

Argumen Facebook

FTC adalah pihak yang berwewenang menyetujui akuisisi Facebook pada WhatsApp dan Instagram. Sehingga Facebook pun berargumen tidak fair jika ada pembatalan akusisi. Namun demikian, menurut mantan pengacara FTC, Charlotte Slaiman, tidak ada aturan hukum yang menghalangi jika FTC mau membatalkannya.

Jika Facebook terbukti melakukan perbuatan monopoli atau anti-kompetisi, maka FTC bisa melakukan apa pun yang perlu untuk memperbaikinya. “Mereka menghadirkan kasus yang kuat dan bisa saja menang,” katanya, Kamis (10/12/2020).

Namun demikian, proses pengadilan pastinya membutuhkan waktu lama. “Apakah Instagram dan WhatsApp akan diceraikan dari Facebook sekarang akan diputuskan oleh pengadilan. Dan gugatan semacam ini membutuhkan waktu,” cetus James Clayton, reporter teknologi BBC.

“Juga ada peluang untuk banding. Jadi jangan harapkan Facebook akan pecah dalam waktu cepat. Namun demikian, gugatan ini mengindikasikan bahwa perusahaan teknologi besar itu terlampau jumbo bagi orang. Dan perlu untuk diperkecil,” tambahnya.

Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 senilai USD1 miliar. Kemudian WhatsApp pada tahun 2014 seharga USD19 miliar. Instagram sudah lebih dari 1 miliar penggunanya. Sedangkan Facebook dan WhatsApp sudah lebih dari 2 miliar yang memakainya.

sumber | detikInet

Related posts

Leave a Comment