5 Trik Rahasia WhatsApp ini Patut Dicoba

menggunakan WhatsApp

topmetro.news – Siapa sih yang tidak menggunakan WhatsApp di smartphone mereka? Sebagian besar dari Anda pasti sudah menginstal aplikasi milik Facebook tersebut di ponsel sejak lama.

Menawarkan layanan gratis, chat lintas platform, dukung jenis file, pesan suara, panggilan video dan suara gratis, WhatsApp memiliki fitur yang cukup lengkap.

Dengan beragam fitur yang hadir oleh Facebook ke dalam WhatsApp, wajar bila tidak semua pengguna memiliki waktu untuk mengeksplor semua fitur di dalam aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini adalah lima tips dan trik WhatsApp yang saat ini masih jarang dipakai pengguna sebagaimana dikutip dari Mashable.

BACA JUGA | Cara Balas Pesan Whatsapp Tanpa Terlihat Online

1. Hapus Pesan Otomatis

WhatsApp baru-baru ini menambahkan sebuah fitur. Yang mana pesan yang terkirim akan otomatis hilang setelah tujuh hari.

Perlu Anda ingat, bukan berarti seseorang belum men-screeshoot atau membagikan pesan tersebut dalam rentang waktu tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka chat WhatsApp yang ingin Anda ubah pengaturannya. Lalu tap nama orang atau grup yang sedang kirim pesan.

Jika sudah masuk, scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi ‘disappearing messages’ atau ‘pesan sementara’. Kemudian klik tombol untuk mengaktifkan atau mematikan fitur ini.

Informasi penting, fitur ini hanya akan muncul bilamana Anda memiliki akses admin di grup chat WhatsApp.

2. Teks Tebal, Miring, dan Coret

Anda dapat memperkaya teks saat chatting di WhatsApp dengan cara membuat teks dalam format tebal, miring atau coret.

Untuk membuat teks di chat tampak lebih tebal, Anda bisa tambahkan tanda bintag (*) di antara teks yang ingin dikirim. Contohnya, *mari berkomunikasi* akan membuat tampilan teks seperti ini: mari berkomunikasi.

Kemudian untuk membuat teks miring di WhatsApp, Anda hanya perlu mengetik garis bawah atau underscore (_) di antara teks. Contohnya, _mari berkomunikasi_ akan menjadi: mari berkomunikasi.

Lalu bagaimana cara membuat teks coret? Seperti kedua cara di atas, Anda hanya perlu menambahkan tanda (~) di depan dan belakang kata atau kalimat.

3. Font Rahasia WhatsApp

Selain ketiga format teks chat WhatsApp di atas, ternyata perusahaan juga menambahkan format baru ke dalam aplikasi.

Terkini, Anda bisa merubah teks saat chatting menjadi font yang biasa terdapat pada mesin tik.

Untuk mengubah font pesan di WhatsApp, Anda hanya perlu menggunakan simbol (`) tiga buah di kedua sisi kata. Misalnya, “`mari berkomuniksi“`. Fitur ini bisa Anda bisa pakai di perangkat iOS dan Android.

4. Pin Chatting Penting

Dengan cara ini, chat penting yang ada di aplikasi pasti akan selalu muncul di atas pesan lain begitu Anda membuka WhatsApp.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan tekan pesan pribadi atau grup yang Anda inginkan agak lama. Kemudian akan muncul ikon pin di tab atas.

Bagi pengguna iPhone, Anda cukup swipe chat yang diinginkan ke kanan dan pilih opsi pin.

5. Ganti Wallpaper Chat

Bosan dengan tampilan wallpaper yang itu-itu saja? WhatsApp memungkinkan Anda mengubah wallpaper saat chatting.

Caranya, bukan WhatsApp dan klik tiga titik di atas untuk memunculkan menu ‘setting’ atau ‘setelan’. Setelah itu, klik menu chat untuk masuk ke pengaturan wallpaper.

Nantinya, Anda dapat memilih gambar apa yang ingin dijadikan wallpaper dengan mencarinya di galeri, pakai warna solid, atau wallpaper yang sudah WhatsApp sediakan.

sumber | liputan6.com

Related posts

Leave a Comment