Jenderal Kristen, Mantan Ajudan Jokowi itu Calon Kuat Kapolri

Mantan Ajudan Jokowi

TOPMETRO.NEWS – Mantan ajudan Jokowi diprediksi bakal menggantikan posisi Jendral Idham Azis sebagai Kapolri. Memang, sejauh ini sedikitnya ada 5 sosok calon orang nomor satu di tubuh Polri. Namun banyak pihak tak pernah ragu dengan sosok eks ajudan Jokowi dimaksud.

Kini para calon diserahkan Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akhirnya yang ditunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang bakal mengganti Jenderal Pol ldham Azis yang pensiun pada 30 Januari 2021 mendatang.

Diketahui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjabat Kabareskrim Mabes Polri yang bakal diajukan Presiden Jokowi ke Komisi lll DPR, Senin (11/1/2021) untuk diproses mengikuti fit and propper test atau uji kelayakan.

Sebelumnya, banyak pihak yang meyakini Listyo Sigit yang akan ditunjuk sebagai Kapolri, karena memang ada kedekatan antara jenderal bintang tiga ini dengan Presiden Jokowi.

Selain pernah sama-sama bertugas di Solo, dimana saat itu Jokowi merupakan Walikota Solo dan Listyo Sigit merupakan Kapolres Solo, perwira tinggi asal Ambon ini juga pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Selain kedekatan, prestasi Listyo juga cukup mentereng.

Setelah baru saja menjadi Kabareskrim akhir tahun 2019 lalu, dia membuka kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dan akhirnya terungkap.

Selain itu, dia menangkap buronan kelas kakap Joko S Chandra di Malaysia.

Diketahui bahwa Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang lahir lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991.

Dia pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Kemudian, tahun 2014, Listyo menjadi ajudan Jokowi.

Setelah tidak menjadi ajudan Jokowi, Listyo menduduki sejumlah jabatan di kepolisian, yakni Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim.

Dan, jika Sigit benar-benar nantinya dilantik sebagai Kapolri, dia adalah jenderal beragama Nasrani kedua sepanjang berdirinya Polri.

Sebelumnya, Polri juga pernah dipimpin seorang sosok beragama Kristen yakni Jenderal Widodo Budidarmo pada periode 1974-1978.

Dengan nantinya duduk jadi Kapori, Listyo Sigit Prabowo merupakan orang Nasrani kedua.

TOPIK SERUPA | Nih 4 Sosok Calon Kuat Kapolri

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya ada 4 jenderal lainnya yang cukup diperhitungkan dan digadang-gadang calon kuat Kapolri.

Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) yang menyebutkan ada empat nama jenderal polisi yang masuk dalam bursa calon Kapolri.

reporter | jeremitaran
sumber/foto | bentengtimes/suara

Related posts

2 Thoughts to “Jenderal Kristen, Mantan Ajudan Jokowi itu Calon Kuat Kapolri”

  1. Sahat Budiman m

    Masukan buat redaksi,
    Jendral Kristen itu TDK ada, yang ada jendral polisi,,,
    Mohon Pemred cerdas, saya pikir ini jadi berita provokasi,,,
    Kalau saya pimred ini pasti tidak naik….
    Karena masyarakat kita belum bisa lepas dari simbol…

    Maaf. Sekali lagi maaf…

  2. Sahat

    Saya kurang setuju dengan tag line anda. Seharusnya ga usahakan menambahkan unsur sara.dan.dekat dengan siapa beliau. Tolong jangan memimbulkan esensi informasi yang bisa menjadi bias dan interpretation yang negative. Trmksh

Leave a Comment