Tempati Urutan Kedua Pilihan Anak Muda, PDI-P: Ini PR Kami untuk 2024

dukungan kelompok milenial

topmetro.news – Wakil Sekjen (Sekretaris Jenderal) PDI Perjuangan Arif Wibowo mengaku, menggaet dukungan kelompok milenial pada pilkada serentak maupun Pemilu 2024 akan menjadi pekerjaan rumah partainya.

“Soal pemilih muda dan atau pemilih milenial, kami sadari merupakan pekerjaan rumah (PR) politik bagi PDI Perjuangan dalam memenangkan Pemilu 2024. Baik untuk Pilpres maupun Pileg dan bahkan Pilkada,” kata Arif, Senin (22/3/2021).

Arif mengungkapkan hal itu menanggapi hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia tentang calon presiden (capres) dan partai politik. Dalam survei tersebut menunjukkan, PDI Perjuangan berada di posisi kedua di bawah Gerindra sebagai partai politik pilihan anak muda.

PDI Perjuangan meraih suara sebanyak 14,2 persen dari anak muda. Sedangkan Gerindra 16 persen. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDI Perjuangan, berada di urutan kedua sebagai calon presiden (capres) 2024 pilihan anak muda.

Sementara, untuk urutan pertama diduduki oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang merupakan kader Partai Gerindra.

Menjawab tentang hasil survei capres tersebut, Arif mengaku tak bisa berkomentar. Lantaran menurutnya, soal capres adalah wewenang dari Ketua Umum PDI Perjuangan yakni Megawati Soekarnoputri.

Fokus PDI Perjuangan

Kendati demikian, ia membeberkan bahwa saat ini partainya sedang fokus untuk menguatkan konsolidasi. “Soal capres adalah wewenang Ketua Umum. PDI Perjuangan sedang menguatkan konsolidasi, memantabkan struktur serta mendorong seluruh kader untuk kerja keras. Terutama dan utama mengorganisir akar rumput,” jelasnya.

Ia menambahkan, hingga kini PDI-P belum menentukan siapa capres yang akan mereka usung dari internal. Oleh karena itu, Arif mengatakan bahwa hasil survei Indikator Politik tentang capres pilihan anak muda, tidak berhubungan dengan keputusan siapa calon dari partainya.

“PDI Perjuangan belum memutuskan capres dari internal. Dengan demikian tidak ada hubungannya dengan hasil survei atas sosok tertentu sekalipun itu kader PDI Perjuangan,” tutur dia.

BACA | Poster Pilpres 2024, Demokrat Kubu AHY dan Kubu Moeldoko Saling Tuding

Namun, ia tak menampik apabila PDI Perjuangan juga tengah menaruh fokus pada masyarakat muda dalam strategi pemenangan pemilu. Bahkan, ia menilai fokus terhadap dukungan kelompok milenial atau pemilih muda menjadi sangat penting dan mendesak dilakukan oleh partainya.

“Bagi PDI Perjuangan, concern partai terhadap kaum muda berikut kerja pengorganisirannya menjadi salah satu ikhtiar penting. Perlu dan mendesak,” ungkap Arif.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment