KPU Madina Gelar PSU 24 April

PSU Kabupaten Madina

topmetro.news – Berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI), maka akan berlangsung PSU (Pemungutan Suara Ulang) di tiga TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kabupaten Madina. Yakni TPS 001 desa Bandar Panjang Tuo Kecamatan Muara Sipongi. Kemudian, TPS 001 dan TPS 002 di Desa Kampung Baru Kecamatan Panyabungan Utara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) akan melaksanakan putusan tersebut pada tanggal 24 April 2021 mendatang.

Pelaksanaan hasil keputusan MK RI tersebut tertuang dalam Surat Keputusan KPU Madina No. 464/PP.01.2-Kpt/1213/KPU-Kab/III/2021 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2020, pasca-Keputusan Mahkamah Konstitusi. KPU Madina mengeluarkan keputusan itu pada Hari Minggu (28/3/2021).

Kesiapan KPU Madina

Ketua KPU Madina Fadhilah Syarief kepada topmetro.news mengungkapkan bahwa pelaksanaan PSU di 3 TPS yang ada di dua kecamatan itu adalah menjalankan hasil Putusan MK RI. Hal itu menyusul gugatan salah satu calon yang tidak menerima hasil perhitungan suara pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

“Kita selaku panitia dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada Pemilu Madina 09 Desember 2020 lalu, hanya menjalankan hasil Keputusan MK RI. Yang memberikan waktu 30 hari kerja semenjak keputusan keluar,” jelasnya.

“Setelah kita musyawarah dengan seluruh komisioner serta pemerintah setempat terkait kesiapan dana. Maka kita (KPU Madina-red) siap menggelar PSU ini. Dengan catatan supaya kedua paslon dan timnya agar sama-sama kooperatif serta menjaga norma-norma hukum yang berlaku dengan menjaga ketertiban,” sambungnya.

“Kita sangat mengharapkan saat berjalannya proses PSU ini, kedua tim paslon harus menjaga diri. Dan membiarkan masyarakat pemilih untuk melakukan pemilihan sendiri tanpa merasa terganggu. Agar tidak ada lagi pelanggaran hukum yang mengakibatkan gangguan pada PSU ini,” tandasnya.

Syarief juga menambahkan, saat ini tim KPU dan pengawas lainnya telah siap untuk menggelar dan mensukseskan PSU pada Hari Sabtu tanggal 24 April 2021 mendatang.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment