#

Satpol PP Asahan dan Tim Gelar Operasi Cipta Kondisi

Satpol PP Asahan

topmetro.news – Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kabupaten Asahan bersama Polres Asahan, Denpom, dan Dinas Perhubungan menggelar Operasi Cipta Kondisi’ di Jalan Imam Bonjol, Madong Lubis Stadion Mutiara dan warung-warung Jalan Lintas Sumatera Kelurahan Bunut Barat.

Operasi berlangsung mulai pukul 21.00 – 00.30 WIB, Rabu (7/4/2021).

Kasat Pol PP Asahan Sofyan Manullang SSos menyampaikan, Operasi Cipta Kondisi itu mereka gelar untuk menindaklanjuti informasi masyarakat. Di antaranya, terkait adanya aktifitas oknum oknum masyarakat yang mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan potensi kerawanan sosial.

“Tadi malam kita melakukan Operasi Cipta Kondisi di seputaran Kota Kisaran. Operasi ini untuk menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait aktifitas oknum masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial,” kata Manullang.

BACA | Satpol PP dan Polres Asahan Gelar Operasi Yustisi, 11 Orang Tidak Pakai Masker

Sasaran Operasi

Sasaran operasi adalah lokasi yang dinilai rawan sesuai informasi yang dihimpun Tim Satpol PP Asahan dari laporan masyarakat. Seperti tempat hiburan malam, cafe, dan warung-warung yang di Jalan Lintas Sumatera. Juga tempat tempat yang berpotensi jadi lokasi balap liar.

Dalam Operasi Cipta Kondisi itu, tim menemukan komunitas anak motor yang menurut dugaan akan melakukan balap liar. Menyikapi hal itu, tim mencoba melakukan tindakan persuasif dengan memberikan pengertian atau masukan kepada para anak motor. Agar tidak melakukan tindakan yang dapat menganggu kenyamanan masyarakat. Seperti kebut-kebutan, minum miras apalagi sampai tawuran.

Setelah berdialog, kelompok anak motor pun bubar.

Dalam operasi tersebut, ada terdapat tujuh wanita tanpa indentitas. Mereka kemudian diamankan ke Polsek Kisaran Kota untuk selanjutnya dilakukan pendataan.

Dalam operasi tersebut, tim juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan sesuai ketetapan dari pemerintah. Utamanya memakai masker, agar penyebaran Covid-19 dapat terhindari.

“Operasi yang kita gelar kali ini lebih mengedepankan tindakan persuasif. Pantauan kami selama operasi, situasi di wilayah Kabupaten Asahan, khususnya Kota Kisaran aman dan kondusif. Kondisi ini tak terlepas dari peran mitra kita yakni kepolisian, Denpom, dan Dinas Perhubungan, yang selalu sigap mengamankan setiap lokasi kerawanan Kamtibmas,” kata Manullag.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment