Kapal Selam Nanggala 402 Terbelah 3, Seluruh Awak Gugur

Kapal selam Nanggala

TOPMETRO.NEWS – Kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI AL yang tenggelam di perairan Bali dilaporkan terbelah 3 tiga pada kedalaman 838 meter. Sebanyak 53 awak kapal selam milik TNI AL itu dinyatakan gugur.

Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) seperti dikutip dari detikcom menyebutkan, pencarian KRI Nanggala-402 dilakukan KRI Rigel dengan menggunakan multibeam echosounder untuk mendeteksi citra bawah air.

Pendeteksian itu juga dibantu MV Swift Rescue dari Singapura. MV Swift Rescue mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air.

”ROV Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur yaitu yang tepatnya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter,” ujar Yudo dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Yudo memastikan KRI Nanggala-402 terbelah 3 dan bagian-bagian dari kapal selam itu ditemukan.

”Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi 3 bagian,” jelas Yudo.

Dikatakan, dalam pencarian itu ditemukan puing-puing kapal. Di antaranya kemudi kapal, pakaian escape suit MK11 dan badan kapal.

”Ini bagian-bagian yang terbuka, ini berserakan, memang tidak terlalu jelas karena mungkin dalamnya laut dan masih pagi tadi mungkin belum terlalu terang, ya ini masih bagian-bagian dari dalamnya kapal,” terang Yudo.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Hadi menyampaikan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

”Berdasarkan bukti-bukti otentik itu dapat dinyatakan KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi.

Hadi mengucapkan turut berdukacita atas gugurnya para awak KRI Nanggala-402. Mereka gugur saat bertugas.

TOPIK TERKAIT | Kapal Selam Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Bali

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya Kapal selam TNI AL (Nanggala 402) dikabarkan hilang kontak di perairan Bali. Keberadaannya hingga kini belum diketahui.

Pada Rabu (21/4/2021), TNI AL sedang mengecek keberadaan salah satu kapal selamnya.

Sayangnya, kapal selam itu tidak melapor kembali usai latihan.

Dikutip dari Reuters, Juru Bicara TNI AL menyatakan kapal selam itu sedang mengikuti latihan rudal di perairan Bali Utara. Namun, kapal selam itu tidak menyampaikan hasil latihannya.

reporter | jeremitaran

sumber/foto | goriau/detik/lliputan6

Related posts

Leave a Comment