Lepas 30 Pasukan Merah, Bupati Harap Sergai Menjadi Lebih Bersih

Bupati Sergai melepas

topmetro.news – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya melepas 30 tenaga kontrak yang bertugas membersihkan drainase serta jalanan provinsi dan kabupaten. Acara berlangsung di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (4/5/2021).

“Petugas kebersihan yang selanjutnya disebut sebagai ‘Pasukan Merah’ ini berada di bawah kendali Dinas Lingkungan Hidup. Dan akan berkeliling melakukan kebersihan demi mewujudkan ‘Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat’ yang bersih,” ungkap Darma Wijaya.

Bupati merinci bahwa total rekrutan adalah 50 orang. “Namun, 30 orang ini yang kita gerakan terlebih dahulu. Sisanya menyusul,” ujarnya. Dengan adanya Pasukan Merah, katanya lagi, maka harapannya, saluran parit yang selama ini tersumbat bisa lancar mengalirkan air.

“Dalam hal ini, pemerintah telah membangun parit-parit sebagai saluran drainase. Fungsinya untuk mencegah banjir. Tapi sayangnya banyak yang tidak berfungsi. Makanya kami siapkan Pasukan Merah untuk membersihkan seluruh parit serta jalanan yang tersebar di jalan kabupaten atau provinsi,” lanjutnya.

Petugas Kebersihan Desa

Bupati menambahkan, untuk yang di desa, bisa mengandalkan dua petugas kebersihan hasil rekrutan desa itu sendiri. Dengan total petugas berjumlah 536 orang. Jika pasukan ini bergerak secara serentak, kata Bupati, maka Sergai pasti lebih baik.

“Petugas desa jangan ke kabupaten. Begitu juga sebaliknya. Kalau sekali serentak semua, saya yakin perubahan itu akan nampak dan terasa untuk rakyat,” ujarnya.

BACA JUGA | Bupati Sergai Lepas Tim Safari Ramadan 1442 Hijriah

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Panasean Tambunan mengungkapkan, Pasukan Merah akan mendapatkan gaji setara honorer yang bekerja di kantor bupati.

“Selain itu ada juga jaminan kesehatan yang akan diterima oleh para petugas,” ujarnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment