Sambut Kunker DPRD Provsu, Wakil Bupati Taput Paparkan Potensi SDA

Wakil Bupati Taput sambut

topmetro.news – Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat SH MM mewakili Bupati Drs Nikson Nababan MSi, bersama Ketua DPRD Poltak Pakpahan, sambut kunjungan kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Sumut, di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Tarutung, Selasa (18/5/2021).

Tim DPRD Sumut dipimpin Thomas Dachi serta Ketua DPRD Baskami Ginting selaku koordinator. Sementara mendampingi Wakil Bupati Taput, turut beberapa perangkat daerah menyambut kunker 21 anggota DPRD Sumut bersama beberapa SKPD Provsu.

Ranperda RUED

Kunjungan adalah dalam rangka peninjauan lapangan dan juga pengumpulan bahan materi, sekaitan dengan penyusunan Ranperda tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

“Terimakasih atas kunjungan anggota DPRD Provinsi Yang Terhormat. Doa kami agar Bapak-Ibu beserta rombongan tetap sehat dalam memajukan Sumatera Utara. Semoga proses penyusunan Ranperda ini dapat berjalan dengan baik. Kami berharap dengan adanya Perda ini kelak akan memberikan dampak yang semakin jelas bagi pemerintah daerah setempat. Termasuk pembagian laba maupun bagi hasil dari pihak swasta. Sehingga mampu meningkatkan PAD Tapanuli Utara,” ucap Wakil Bupati mengawali.

Dalam sesi diskusi bersama, Wakil Bupati menjelaskan bahwa Pemkab Taput sejak tahun 2014 telah menerbitkan 24 ijin proyek pembangkit listrik dari energi terbarukan. Seperti ijin lokasi, ijin lingkungan dan IMB. Wabup juga menjelaskan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan CSR yang dapat dari pihak Sarulla Operation Limited (SOL).

“Kita berterimakasih atas berbagai perhatian dari pihak SOL terhadap pemda dan masyarakat sekitarnya. Namun kami menyarankan agar direvisi ulang atau diperbaiki ketentuan yang dijadikan sebagai acuan dalam pengaturan besaran bagi hasil dimaksud,” jelas Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga memaparkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) milik Tapanuli Utara, yang menurut sangat menjanjikan untuk lebih berkembang. “Dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara selalu berupaya dalam peningkatan sumber energi terbaru, dengan menawarkan dan mengajak para investor. Kita memiliki sumber daya melimpah yang perlu kita eksplore lagi. Termasuk sungai-sungai yang cocok untuk mendukung penciptaan energi terbarukan. Kita berharap energi terbarukan ini juga mampu mendorong perekonomian masyarakat,” lanjut Wakil Bupati.

Kondisi Pembangunan Taput

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga menyampaikan gambaran umum kondisi pembangunan di Taput. “Bupati Tapanuli Utara telah menetapkan, bahwa salah satu pemicu peningkatan pembangunan adalah melalui pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya yang akan memberikan multiefek. Sehingga akan dinikmati masyarakat luas. Kita telah meyampaikan kepada Bapak Presiden RI terkait usulan tranformasi IAKN menjadi universitas umum tanpa mengurangi fakultas yang sudah ada sebelumnya,” ujar Wabup Taput mengakhiri.

Dalam arahannya, Ketua DPRD Sumut berharap seluruh dukungan pemerintah daerah agar Ranperda segara terwujud. Ia juga berjanji akan berupaya memperjuangkan perbaikan jalan provinsi. “Saya yakin semua pemerintah daerah mendukung proses penyusanan Perda ini. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan keuangan daerah. Kami juga akan memperhatikan perbaikan jalan provinsi yang disampaikan oleh Pemkab Taput,” ujar Baskami Ginting pada akhir kesempatan tersebut.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment