Simak, Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Stres Anda

bantu turunkan stres

Topmetro.News – Bantu turunkan stres lewat makanan, kenapa tidak. Sekadar diketahui, stres, salah satu bagian dari kehidupan manusia, dan dinilai masih wajar kita alami. Tapi bukan berarti menurunkan tingkat stres tidak diperlukan, karena stres berkepanjangan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Duh!

Cara untuk Bantu Turunkan Stres

Ada banyak cara yang bisa Anda lakoni untuk bantu turunkan stres itu.

Salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu, yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Apa saja makanan yang dimaksud?

Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati. Buah ini juga mengandung fitokimia, serat, dan nutrisi penting untuk tubuh.

Ikan

Terutama ikan berlemak seperti salmon, tuna, halibut, herring, dan mackerel, bisa jadi pilihan makanan untuk menurunkan tingkat stres. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan fungsi otak yang

Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik atau bakteri baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kesehatan usus yang terjaga dapat memengaruhi suasana hati secara positif. Beberapa makanan kaya probiotik adalah yoghurt, kefir, kombucha, miso, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya.

Teh Herbal

Minum secangkir teh herbal hangat, seperti teh chamomile atau teh lavender, adalah salah satu cara untuk membantu membuat diri merasa lebih tenang. Pilihan lainnya, kamu bisa coba teh hijau. Kandungan flavonoidnya juga bisa mendukung kesehatan otak.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat mengurangi stres dengan dua cara, melalui dampak kimianya dan dampak emosionalnya. Rasa manis cokelat dapat menyuguhkan rasa senang dan membantu mengurangi stres. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, yang dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

BACA PULA | Stres Diet Ketat, Coba 10 Jurus Jitu Ini. Cek No 8

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, stres diet ketat, hmmm tak masalah! Memang persoalan kegemukan atau lipatan lemak seringkali bikin stres banyak orang. Sayangnya masih banyak orang yang diet dengan cara yang salah kaprah.

Akibatnya, orang bisa jatuh sakit karena diet ketat yang keliru tadi. Padahal cukup dengan melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam memilih makanan, sudah bisa menjadi alarm bagi tubuh.

sumber\foto | mistar\halodoc\ayopurwakarta
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment