Tahu Gak Sih, Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh? Sayang Dilewatkan

makan Kacang Hijau

Topmetro.News – Manfaat kacang hujau (red, kacang ijo) ternyata beragam. Ternyata keunggulan dan manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Kita

Ada beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang dapat diperoleh dan sayang jika dilewatkan, yaitu:

1. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau dikenal kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

2. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

3. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang bersifat antiradang.

4. Menjaga berat badan

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat di dalam kacang hijau juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan mencegah Anda makan secara berlebihan. Hal inilah yang menjadikan kacang hijau baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Di dalam 100 gram kacang hijau, hanya terdapat sekitar 0,1 gram lemak.

Dengan kandungan lemak yang rendah serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

6. Turunkan risiko terkena osteoporosis

Kacang hijau juga mengandung magnesium dalam jumlah yang tidak sedikit.
Di dalam 100 gram kacang hijau, setidaknya terdapat 97 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kondisi kekurangan magnesium atau hipomagnesemia.

7. Menambah stamina tubuh

Kacang hijau juga dikenal sebagai sumber energi. Ini berkat kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga dapat mengatasi rasa lelah dan bisa membuat Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut penelitian, meningkatkan asupan magnesium dari makanan atau suplemen dapat menambah kepadatan mineral tulang pascamenopause pada wanita dan lansia.

Dengan mengonsumsi cukup magnesium, risiko terkena osteoporosis pun menurun. Selain itu, magnesium juga diduga mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan migrain.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memasukkan kacang hijau ke dalam menu makanan sehari-hari. Namun, batasi penambahan gula ke dalamnya.

BACA PULA | Kalau Takut Gemuk, Nih 5 Makanan yang Bisa Dinikmati

Seperti artikel TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ketika berlebihan dalam menyantap makanan sering dianggap tidak baik untuk kesehatan, terutama saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Semua kalori berlebih yang kita konsumsi di siang hari disimpan di dalam tubuh sebagai lemak.

Itulah mengapa penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan.

Anehnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa terus Anda konsumsi tanpa takut gemuk. Ini adalah makanan rendah kalori dan dikemas dengan serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Mereka juga sarat dengan nutrisi yang dapat menjaga metabolisme Anda bekerja dan mendukung penurunan berat badan.

sumber\foto | alodokter\KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment