Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Menggunakan Android

Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Menggunakan Android
Advertisement

Topmetro.news – Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Menggunakan Android, Sesuai dengan anjuran pemerintah dalam hal ini kemenkominfo mewajibkan masyarakat untuk melakukan migrasi sistem penyiaran. Bagi masyarakat yang masih menggunakan Tv Analog di anjurkan untuk menggantinya dengan TV Digital dengan tujuan untuk digitalisasi penyiaran.

Kabarnya, pemerintah akan secara bertahap melakukan Analog Switch Off  atau proses suntik mati TV Analog. Jadi, jika anda masih menggunakan antena jenis ini, secara perlahan akan mati dan tidak bisa di gunakan lagi.

Hal ini juga sudah di atur dalam peraturan Menteri Kominfo No.6/2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Oleh karena itu, masyarakat di wajibkan untuk segera melakukan Migrasi ke Televisi Digital.

Sinyal TV Digital Belum Merata di Indonesia

Proses peralihan TV Analog dengan TV Digital di Indonesia tergolong lambat. Sebenarnya, rencana ini sudah dibicarakan pada tahun 2004 lalu dan pernah juga dilakukan uji coba penyiaran dari tahun 2006 – 2007.

Negara kita ini termasuk ketinggalan, karena negara-negara tetangga seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia lebih dulu melakukan Digitalisasi siaran sejak 2015 lalu.

Proses Migrasi yang di lakukan Indonesia sendiri, mulai serius di lakukan pada 2020 lalu. Proses ini, di jalankan secara perlahan sehingga belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Banyak wilayah pedesaan atau pun daerah terpencil yang sulit bahkan tidak terjangkau sinyal digital ini. Hal ini disebabkan karena sinyal Digital menggunakan stasiun TV pemancar.

Keberadaan Pemancar masih terbilang kurang. Dengan demikian, semakin jauh jarak wilayah dengan stasiun pemancar, maka kualitas sinyal yang bisa di tangkap antena semakin kecil atau lemah.

Berbanding terbalik dengan wilayah perkotaan, di mana stasiun pemancar sudah di pastikan tersebar secara merata dan seluruh channel dapat muncul semua di Televisi Digital.

Baca Juga : Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik 2021

Cek Jangkauan Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Sebelum membeli Set Top Box TV Digital, sebaiknya anda melakukan pengecekan sinyal TV Digital. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah daerah anda sudah terjangkau atau belum.

Untuk menyambut Digitalisasi penyiaran di Indonesia, Kemenkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika) juga menciptkan sebuah aplikasi berbasis Android dan IOS untuk memudahkan mengecek jangkauan Sinyal TV Digital.

Mengecek Jangkauan Sinyal TV Digital Menggunakan Aplikasi Android

Aplikasi ini bernama sinyal TV digital. Menggunakan aplikasi berbasis Android menurut saya lebih simple dan mudah di gunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus mengunduh nya di Google Play Store terlebih dahulu.

  • Unduh Aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Install aplikasi seperti biasa
  • Buka aplikasi tersebut. Jangan lupa mengijinkan akses lokasi anda
  • Untuk mencari wilayah anda bisa melakukan Zoom atau menuliskan nama daerah anda
  • Boleh di coba

Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Menggunakan Android

Keunggulan lain dari Aplikasi ini disamping mengetahui jangkauan sinyal, juga bisa menjadi informasi untuk mengarahkan antena ke Stasiun pemancar terdekat.

Tidak hanya itu, aplikasi berbasis Android ini juga bisa mengecek kekuatan sinyal mulai dari lemah, sedang, hingga kuat. Bisa juga menjadi pertimbangan apakah sudah waktunya membeli Set Top Box TV Digital atau belum.

Sebenarnya, Pemerintah juga sudah menyediakan website untuk melakukan pengecekan jangkauan sinyal TV Digital ini. Untuk mengunjungi, bisa mengakses web resmi nya di https://siarandigital.kominfo.go.id/

Baca Juga : Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik 2021

Kesimpulan

Diharapkan proses migrasi siaran dari TV Analog ke TV Digital segera terlaksana dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kualitas siaran yang berkualitas tanpa gangguan.

Dengan hadir nya aplikasi buatan Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) ini, diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengetahui jangkauan sinyal dan Stasiun Pemancar terdekat.

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment