WhatsApp iOS Uji Cadangkan Pesan di iCloud dengan Enkripsi End-to-end

enkripsi end-to-end

topmetro.news – Beberapa waktu lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut WhatsApp bakal menerima enkripsi end-to-end untuk pesan yang dicadangkan di cloud. Kini fitur itu sudah dirilis untuk sebagian penguji WhatsApp Beta versi iOS.

Sebagaimana diwartakan 9to5Mac, Minggu (10/10/2021), WhatsApp versi 2.21.200.14 telah merilis cadangan pesan yang terenkripsi end-to-end untuk sebagian penguji beta.

Dengan demikian, para pengguna bisa melindungi data percakapan mereka dari semua orang, termasuk Facebook, WhatsApp, bahkan Apple sekalipun.

WABetaInfo selaku penemu fitur tersebut menyarankan pengguna untuk menonaktifkan fitur cadangan WhatsApp di perangkat mereka lewat iCloud. Sebab hingga saat ini iCloud tidak dienkripsi end-to-end.

Bagi pengguna iPhone baru, WABetaInfo juga menyarankan agar riwayat chat di WhatsApp dipulihkan secara manual.

Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pihaknya telah menambah lapisan privasi dan keamanan lain untuk WhatsApp lewat opsi enkripsi end-to-end di Google Drive (Android) maupun iCloud (iPhone).

“WhatsApp adalah layanan perpesanan global pertama yang menawarkan perpesanan dan pencadangan terenkripsi end-to-end. Untuk mencapainya, ada tantangan teknis sulit yang memerlukan kerangka kerja yang sama sekali baru untuk penyimpanan kunci dan penyimpanan cloud di seluruh sistem operasi,” jelas Mark Zuckerberg.

Dikarenakan fitur ini sudah tersedia untuk penguji beta publik, kemungkinan WhatsApp akan segera merilis ke semua penggunanya.

sumber | suara.com

 

Related posts

Leave a Comment