Pemkab Sergai dan DPD RI Jalin Sinergi Tuntaskan Masalah Banjir

Bencana banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi perhatian banyak pihak
Advertisement

topmetro.news – Bencana banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi perhatian banyak pihak. Tak terkecuali para legislator dan senator pusat.

Hal ini terlihat ketika Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) La Nyalla Mahmud Mattalitti beserta rombongan hadir ke Sergai dan memantau langsung kondisi Sungai Belutu yang meluap dan pengungsi korban banjir di Sei Rampah, Kamis (25/11/2021).

Di kesempatan itu, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan jika bencana banjir yang terjadi tahun ini merupakan yang terparah sejak 20 tahun belakangan. Ia menyebut, ada beberapa faktor yang mereka sinyalir jadi penyebab meluapnya air ke pemukiman warga.

“Aliran air sungai tidak lancar karena sedimentasi yang mengakibatkan pendangkalan. Lalu, bagian hilir sungai juga menyempit. Apalagi bertambah dengan cuaca ekstrim yang mengakibatkan banjir rob dan curah hujan yang tinggi. Akumulasi dari faktor-faktor ini mengakibatkan banjir yang parah,” ucap Bupati Sergai.

Bupati kemudian merinci, sampai hari ke-24 banjir di Sergai, ada sekitar 6.000 kepala keluarga atau kurang lebih 34.000 jiwa yang terdampak bencana banjir. Mereka tersebar di lima kecamatan, yaitu di Sei Rampah, Tebing Tinggi, Tanjung Beringin, Sipispis dan Dolok Masihul.

Bupati kemudian menegaskan, hal yang paling perlu saat ini bukan melulu sekadar bantuan sembako. Namun masyarakat ingin agar banjir yang sudah jadi masalah langganan tiap tahun ini bisa usai dan tidak terjadi lagi.

“Karena itu kami berkomitmen untuk menggalang sinergi, mencari solusi yang terbaik bagi masalah banjir ini. Kami mengapresiasi banyak pihak yang menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap hal ini. Baik dari pemerintah provinsi dan pusat serta pihak-pihak lain yang turut membantu Pemkab Sergai menghadapi tantangan ini. Kami berharap kehadiran bapak-bapak dari DPD RI pada hari ini bisa menjadi dukungan penting bagi Kabupaten Sergai untuk menuntaskan persoalan banjir,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Ia pun menyebut bahwa normalisasi sebagai solusi banjir di Sergai akan terlaksana dalam waktu dekat.

Prihatin Banjir Sergai

Sementara itu Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti berjanji akan meneruskan aspirasi masyarakat Sergai lewat Bupati Darma Wijaya ke pusat. “Atas bencana banjir ini, kami jelas turut prihatin. Semoga bisa segera kita temukan solusi terbaik untuk permasalah ini. Kami dari DPD RI akan menyuarakan permasalahan ini ke pusat agar penanganan banjir bisa lebih maksimal,” ucapnya.

Senada dengan Ketua DPD RI, Dedy Iskandar Batubara yang merupakan senator DPD asal Sumut juga menyebut, kunjungan pihaknya pada hari itu bertujuan untuk menggalang kerja sama. Tentunya demi menemukan jalan keluar paling komprehensif bagi masalah banjir di Sergai.

“Kami di DPD hadir pada hari ini untuk melihat bagaimana proses penanganan bencana banjir yang sudah dijalankan. Kami juga akan berkomunikasi dengan kementerian terkait agar penanganan banjir ini bisa segera dan jadi solusi jangka panjang,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut Rahmat Shah menyebut, pihaknya berkomitmen memberikan perhatian maksimal bagi Kabupaten Sergai.

“Kami dari PMI Sumut sudah menyiapkan tenaga medis untuk memastikan kondisi para pengungsi mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Kami berharap masyarakat Sergai yang jadi korban bencana banjir bisa bersabar dan tetap kuat menghadapi cobaan ini,” tutur Rahmat Shah.

Ikut hadir dalam tinjauan ini anggota DPD RI di antaranya Muhammad Nuh dan Pdt Williem TP Simarmata serta para Kepala OPD terkait.

penulis | Erris JN

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment