Waspada WhatsApp Anda Sedang Dimata-matai. Ini Tandanya

media komunikasi paling populer

topmetro.news – Saat ini, media komunikasi paling populer di dunia adalah WhatsApp. Sebagian besar penduduk Bumi saat ini menggunakan WhatsApp untuk melakukan komunkasi.

Alasannya adalah karena praktis dan bisa memuat banyak fitur.

Namun di balik ketenaran itu, hacker pun mengancam pengguna WhatsApp. Dengan berbagai alasan, aplikasi milik Facebook (sekarang nama induknya Meta) itu menjadi incaran hacker untuk memata-matai akun pengguna WhatsApp.

BACA JUGA | Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet

Tanda WhatsApp Dipantau

Lalu apa tanda-tanda bahwaWhatsApp Anda sedang dalam gangguan atau intaian pihak lain?

Berikut ini Technique How menyebut beberapa tanda bahwa penjahat siber atau orang lain sedang berusaha melacak atau memantau akun WhatsApp Anda.

Baterai Cepat Habis

Apabila baterai HP Anda cepat habis, maka bisa jadi sedang dalam pantauan hacker. Apalagi kalau baterai ponsel habis dengan cepat, padahal perangkat tidak melakukan aktivitas apa pun.

Kondisi ini patut jadi perhatian, karena ada kemungkinan, sejumlah aplikasi diam-diam berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang Anda instal dari pihak ketiga, tidak lewat Google Play Store atau Apple App Store, mungkin bisa meretas akun media sosial Anda. Mulai dari Facebook hingga WhatsApp. Jika ingin tahu apakah WhatsApp kamu sedang terpantau, ini bisa menjadi salah satu tandanya.

Getar atau Bunyi tanpa Alasan

Ponsel kamu mungkin bergetar meskipun tidak ada notifikasi yang masuk ke perangkat. Ini juga merupakan tanda bahwa WhatsApp kamu sedang dalam perjalanan untuk memata-matai dan prosesnya sedang berlangsung.

WhatsApp Sering Hang

Tanda bahwa seseorang sedang memata-matai WhatsApp Anda, bisa terlihat saat aplikasi berjalan lambat dari sebelumnya. Saat Anda sedang membuka WhatsApp, Anda merasakan bahwa ponsel berjalan lebih lambat dari sebelumnya.

Kemungkinan ini terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk aplikasi tertentu.

Mendadak Cepat Panas

Kalau Anda tiba-tiba merasakan HP memanas dengan sangat cepat dibandingkan sebelumnya, bahkan dalam kondisi layarnya mati, maka waspadalah. Andaharus berhati-hati.

HP yang memanas kemungkinan prosesor di dalamnya tengah menjalankan pekerjaan berat. Hal ini bisa jadi karena kelompok mata-mata yang mengontrol WhatsApp kamu dari jarak jauh lewat perangkat lain, dengan memasang spyware ke perangkat tanpa kamu ketahui.

Linked Devices WA

Selain melihat tanda-tanda seperti di atas, masih ada cara lain untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kamu tengah dalam pantauan orang lain atau tidak. Yakni mengecek perangkat yang terkoneksi (Linked devices) dengan akun WhatsApp kamu.

Berikut caranya:

Buka WhatsApp, pilih titik tiga (Settings di versi iPhone), kemudian tekan Linked Device.

Di kolom Device Status, cek apakah ada perangkat asing yang tak dikenal atau tidak. Jika ada, berarti akun WhatsApp kamu sedang dalam penyadapan atau pantauan orang lain. Seseorang sedang memata-matai WhatsApp Anda

Pilih perangkat asing yang terkoneksi. Kemudian tekan logout untuk membuatnya keluar dari akun WhatsApp kamu.

sumber | kumparan.com

Related posts

Leave a Comment