Angin Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga di Batubara

Angin Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga di Batubara

topmetro.news – Hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda Desa Ujung Kubu, Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batubara pada Minggu (28/11/2021) malam mengakibatkan sedikitnya 7 rumah warga porak poranda.

Terkait peristiwa ini dibenarkan oleh Plt (Pelaksana Tugas -red) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batubara, Muhammad Sa’ban Efendy Harahap SE yang mengatakan tentang adanya beberapa rumah warga hancur diterjang angin puting beliung, pada Minggu malam kemarin

Kepada sejumlah awak media melalui sambungan telepon selular, Sa’ban pun langsung menyatakan bahwa pihaknya pada malam sesudah terjadinya peristiwa itu, langsung mengevakuasi korban ke tempat aman menunggu datangnya bantuan dari Pemkab Batubara.

“Iya bang, semalam anggota langsung terjun ke lokasi untuk menolong korban,” katanya kala dikonfirmasi melalui sambungan telepon selular.

Selanjutnya menurut Sa’ban, dalam peristiwa tersebut tidak ada memakan korban jiwa, namun berdasarkan data yang di himpun dari kantor Desa Ujung Kubu, setidaknya menyebabkan 7 rumah warga di Dusun 9 Tanah Tinggi Desa Ujung Kubu porak poranda.

“Jadi rumah warga yang diterjang angin puting beliung pada malam itu dari data sementara yang kami himpun adalah rumah Azhari, Budiman, Jaiz, Hamdan Jalaluddin, Nurainun dan rumah Iwan,” ungkapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD -red) Kabupaten Batubara sendiri begitu setelah menerima informasi dari Kades Ujung Kubu, langsung terjun ke lokasi bencana, papar Sa’ban.

“Hingga detik ini kita masih terus memantau perkembangan di seputaran Batubara, kemungkinan jumlah korban yang rumahnya diterjang angin puting beliung bisa bertambah, karena sampai pukul 21.30. WIB, cuaca masih belum bersahabat,” ujar Sa’ban.

“Jadi dari informasi yang diperoleh dilapangan, kondisi rumah bangunan permanen dibagian atap sengnya berterbangan sedangkan rumah semi permanen selain atap dindingnya pun ikut diterbangkan angin puting beliung yang mulai bergemuruh pada saat menjelang Maghrib,” pungkasnya.

reporter | Bima IS Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment