Masyarakat Harus Patuhi Prokes Saat Libur Nataru

patuhi Prokes

topmetro.news – Pelaksana Harian (Plh) Ketua PD II KB FKPPI Sumatera Utara, Kisharianto Pasaribu, mengajak seluruh masyarakat untuk tetap patuhi Prokes (protokol kesehatan) khususnya menjelang perayaan Natal 2021 dan pergantian Tahun Baru 2022 mendatang.

“Penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan diharapkan dapat dipatuhi masyarakat untuk menekan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan. Jangan sampai, upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 menjadi sia-sia, karena ketidakpedulian masyarakat,” ungkap Kisharianto kepada wartawan disela-sela kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan FKPPI Sumatera Utara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, di areal PRSU, Jumat (10/12/2021) kemarin.

Ia juga meminta seluruh masyarakat untuk tidak terlalu euphoria dalam merayakan pergantian tahun baru. Apalagi, pemerintah pusat telah membatalkan penerapan PPKM Level III pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang.

“Mari kita mulai dari diri kita sendiri. Jangan abai. Harus tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Khususnya pada malam pergantian tahun baru, tidak perlu dirayakan secara berlebihan. Ayo sama-sama menjadi polisi bagi lingkungan masing-masing untuk mengingatkan agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menjadi cluster baru penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Selain itu, Kisharianto juga meminta Satgas Covid-19 di Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk meningkatkan patroli pada malam pergantian tahun baru 2020 mendatang. Petugas diharapkan dapat bersikap tegas dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan hanya imbauan saja, tetapi harus terus ditingkatkan patroli diberikan sanksi untuk menimbulkan efek jera. Kami FKPPI Sumatera Utara, siap bahu-membahu dengan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara. Kita ingin Sumatera Utara lebih bermartabat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” bebernya seraya menyebutkan akan mengimbau seluruh kader FKPPI di Sumatera Utara untuk membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan protokol kesehatan pada malam pergantian tahun baru.

Ia mencontohkan, salah satu upaya FKPPI mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19, salah satunya melalui kegiatan vaksinasi. Dikatakan Kisharianto, pihaknya telah beberapa kali melaksankan program vaksinasi.

“Untuk kegiatan vaksinasi, ini merupakan kali keduanya. Pertama dilakukan GM KB FKPPI Sumatera Utara, bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia. Lalu, yang kedua bekerjasama dengan Pemprovsu. Targetnya masing-masing 1.000 dosis,” imbuhnya.

Ia juga meminta, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah mendapat vaksin dari pemerintah.

“Covid-19 itu nyata dan musuh tidak tampak. Mari sama-sama kita patuhi protokol kesehatan,” pintanya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment