Ini Bahaya Pakai Kosmetik Tiap Hari, Kalau tak Segera Dibersihkan

Bahaya Pakai Kosmetik
Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Menggunakan kosmetik (make up) bisa menunjang penampilan. Namun, jika digunakan setiap hari, kosmetik malah berpotensi merusak penampilan. Benarkah begitu? Sebaiknya, kenali bahaya make up setiap hari lewat fakta ini.

Sekadar diketahui, selain bermanfaat untuk menutupi noda di wajah, kosmetik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita.

Tak pelak lagi, beberapa wanita rela mengaplikasikan kosmetik alias make up setiap hari. Apakah Anda salah satu yang juga seperti ini?

Faktanya, eye shadow, maskara, lipstik, bedak, dan make up jenis lainnya mengandung beberapa senyawa kimia. Apabila digunakan dengan tidak tepat atau secara berlebihan, kandungan yang ada di benda-benda tersebut malah berpotensi merusak penampilan Anda.

Berikut ini beberapa bahaya memakai make up setiap hari yang mesti Anda waspadai:

1. Menyumbat Pori-Pori

Apakah Anda memakai bedak terus-menerus? Jika ya, pastikan untuk membersihkannya dengan teliti seusai beraktivitas.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, bedak bisa menyumbat pori dan membuat kulit kesulitan ‘bernapas’. Kondisi ini meningkatkan risiko jerawat, benjolan, dan masalah kulit wajah lainnya.

2. Penuaan Dini

Penggunaan make up setiap hari dapat merusak elastin, sehingga Anda lebih berisiko untuk mengalami tanda-tanda penuaan, seperti kerutan.

Risiko penuaan dini bisa lebih tinggi apabila Anda juga lupa mengoleskan tabir surya sebelum merias wajah.

3. Kulit Kering

Penggunaan make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering dan berminyak. Risiko ini bisa lebih tinggi apabila make up tersebut digunakan setiap hari.

4. Jerawat

Jerawat bisa terjadi akibat pengaruh hormonal, obat-obatan, dan diet yang salah. Selain itu, penggunaan make up secara berlebihan dapat pula memicu munculnya jerawat.

Penggunaan make up setiap hari juga bisa mempermudah perkembangan bakteri pemicu jerawat. Risiko ini bisa lebih tinggi pada pemilik wajah sensitif.

5. Reaksi Alergi

Beberapa jenis make up mungkin mengandung senyawa yang memicu reaksi alergi pada kulit, seperti paraben dan sodium laureth sulfate (SLES).

Produk-produk yang mengandung senyawa tersebut dapat membuat wajah terasa gatal dan tidak nyaman, khususnya jika digunakan secara berlebihan.

6. Mengubah Warna Kulit

Perubahan warna kulit juga bisa terjadi sebagai efek memakai make up setiap hari. Pasalnya, beberapa produk kosmetik dapat mempengaruhi kolagen dan pigmen pada kulit.

Contohnya, penggunaan lipstik selama lebih dari 10 jam dapat membuat zat yang terkandung di dalamnya menghambat suplai oksigen pada bibir. Hal ini membuat warna bibir menjadi lebih gelap.

7. Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Area sekitar mata sering diberikan riasan, seperti eyeshadow, concealer, eyeliner dan maskara. Apabila tidak digunakan dengan benar, produk-produk tersebut bisa memicu munculnya lingkaran hitam di sekitar mata.

Hal ini terjadi karena area sekitar mata memiliki kulit yang lebih tipis dan halus.

8. Kanker

Penelitian dari American Cancer Society menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemakaian produk make up dengan risiko kanker kulit.

Temuan ini memang belum terbukti sepenuhnya. Namun, bahan-bahan, seperti formaldehid, batu bara, arsen, silika, dan kromium diketahui memiliki potensi karsinogenik.

Zat karsinogenik diketahui sebagai salah satu senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Setelah tahu potensi bahaya menggunakan make up setiap hari, kamu sebaiknya bisa lebih bijak dalam menggunakan riasan pada wajah.

Pesannya, jangan pernah malas untuk membersihkan wajah setelah menggunakan produk-produk itu. Semoga info ini bermanfaat.

BACA PULA | Lipstik, Kosmetik Wajib Kirana Larasati

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, setiap wanita tentu ingin terlihat menarik setiap saat dalam kesempatan apapun. Ini pula yang diakui aktris cantik Kirana Larasati, yang selalu ingin terlihat segar.

Wanita berusia 29 tahun tersebut mengatakan bahwa untuk terlihat segar, dia selalu memulaskan sedikit make-up meskipun tidak sedang bekerja. Itu lantaran make-up membuatnya merasa lebih percaya diri.

reporter | jeremitara

sumber\foto | kairos

 

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment