Pemko Medan Jemput Bola Catatan Sipil, Jemaat HKBP Seksama: Terima Kasih Bobby Nasution

Pemko Medan Jemput Bola Catatan Sipil, Jemaat HKBP Seksama Berterima Kasih

topmetro.news – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemko Medan melakukan pencatatan sipil dengan cara ‘jemput bola’. Di antaranya ke Gereja HKBP Seksama Jalan M Nawi Harahap Medan, yang berlangsung, Kamis (17/3/2022).

Tujuannya adalah untuk mempermudah warga dalam hal adminitrasi kependudukan, termasuk jemaat gereja. Di mana, ini adalah hari yang kedua, setelah sebelumnya, Senin (14/3/2022), juga berlangsung kegiatan serupa di Gedung HKBP Seksama.

Jemaat gereja dan warga sekitarnya pun menyambut kegiatan itu dengan antusias. Tampak suasana lumayan sibuk di dalam gedung gereja yang menjadi tempat mendaftarkan atau menyerahkan berkas sesuai keperluan masing-masing. Tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehahatan.

Atas kemudahan tersebut, jemaat HKBP Seksama Medan pun mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta jajarannya. Karena dengan adanya kegiatan ini, mereka merasa sangat terbantu.

“Kita sangat berterima kasih kepada Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution. Karena ini sudah mempermudah kami dan warga lainnya dalam hal catatan kependudukan,” kata Pendeta Ressort HKBP Seksama Medan Pdt Rahmad Simanungkalit STh kepada media ini, Kamis (17/3/2022).

Pelayanan Gratis

Pdt Rahmad Simanungkalit mengatakan, bahwa jemaatnya memang sangat terbantu dengan adanya pelaksanaan pencatatan sipil di gereja yang ia pimpin. Apalagi semua pelayanan kependudukan yang berlangsung di gereja tersebut adalah gratis.

“Kalau yang seharusnya warga harus ke Kantor Dinas Dukcapil Medan untuk mengurus. Ini tinggal datang ke gereja. Tidak makan waktu, gak perlu ongkos ke Kantor Dinas Dukcapil Medan. Dan semuanya ini gratis, tidak ada bayaran sama sekali,” sebutnya.

Ada pun kegiatan pencatatan sipil yang berlangsung dalam dua hari itu meliputi pembuatan akta lahir, akta nikah, dan lainnya. Dan meski berlangsung dalam kompleks gereja, tapi terbuka untuk umum, sebagaimana pelaksanaan vaksinasi tiga dosis yang juga telah terlaksana sebelumnya.

Untuk pengurusan administrasi kependudukan itu, para jemaat tinggal membawa segala berkas sesuai dengan kebutuhan akta yang akan mereka urus. Kemudian, petugas Dinas Dukcapil Pemko Medan akan mengumpulkannya untuk proses selanjutnya.

Lalu setelelah selesai, petugas akan mengantarkan akta tersebut ke Gereja HKBP Seksama. Sehingga jemaat gereja juga tidak perlu menjemputkan ke Kantor Dinas Dukcapil. Tinggal datang saja ke gereja, dan akan mendapatkan akta yang mereka butuhkan.

“Tidak repotdan tidak sulit. Tinggal antar berkas, lalu tunggu prosesnya. Sesudah selesai, kita hanya datang ke gereja untuk mengambil akta yang sudah selesai,” kata seorang jemaat.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment