Ketua Dekranasda Maya Zahir Ajak Pengrajin Kriya Batubara Magang di Yogyakarta

kriya dan wastra

topmetro.news – Budaya yang merupakan identitas suatu bangsa, pastinya akan memiliki keunikan dan kekhasan tertentu. Salah satu yang paling menggambarkan ciri khas budaya di suatu daerah adalah soal kriya dan wastra.

Dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Batubara, Ketua Dekranasda Batubara Maya Indriasari Zahir, mengadakan magang untuk para pengrajin Kriya Kabupaten Batubara. Berlangsung di Balai Kerajinan Batik, Provinsi Yogyakarta, Senin (21/3/2022).

Kriya sendiri merupakan kegiatan seni dalam bentuk kerajinan tangan, yang tidak hanya bernilai pakai, tapi juga memiliki nilai estetis. Sementara wastra adalah kain tradisional yang memiliki makna dan simbol dari sebuah kebudayaan.

Kegiatan magang di luar provinsi ini adalah salah satu upaya Pemkab Batubara untuk terus memajukan UMKM khususnya kriya. Sehingga hasil produk kriya mampu bersaing dengan produk dari daerah lain.

Saat ini wastra dan kriya berkembang begitu pesat di Kabupaten Batubara. Kapasitas SDM yang berkualitas dari Kabupaten Batubara sudah semakin banyak dan mumpuni. Untuk produk wastra dari Kabupaten Batubara juga sudah berkualitas dan tidak kalah saing dengan wastra dari daerah lain.

Oleh karena itu Maya Zahir bersama Pemkab Batubara, mengirim 10 pengerajin kriya, terdiri dari sembilan perempuan dan satu laki-laki untuk magang di Balai Kerajinan Batik Yogyakarta. Berlangsung selama lima hari, mulai Hari Senin 21 hingga 25 Maret 2022.

Wawasan UMKM

Kegiatan tersebut untuk memberikan pengalaman baru dan menambah wawasan bagi pelaku UMKM hashion di bidang wastra. Serta dapat menjadikannya sebagai ide baru dalam mengembangkan wastra di Kabupaten Batubara.

“Saya harap para pelaku UMKM dapat memberikan suatu terobosan rencana tindak lanjut untuk kemajuan fashion. Khususnya bidang wastra daerah di Kabupaten Batubara,” ujar Maya Zahir.

Meningkatkan jumlah dan kualitas sarana pendukung pertumbuhan industri dan perekonomian masyarakat, Bupati Zahir selalu meminta Pemkab Batubara bersinergi dengan para pegiat UMKM dan lembaga terkait, dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Batubara menjadi masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya.

repoter | Bima IS Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment