Setelah Sebelumnya Sukses, Kini PT.DPM Kembali Kirim 12 Pelajar Daerah Ke China

Setelah Sebelumnya Sukses, Kini PT.DPM Kembali Kirim 12 Pelajar Daerah Ke China

Topmetro.news – PT. Dairi Prima Mineral (PT.DPM) kembali lanjutkan berikan beasiswa pendidikan ke Negeri China kepada generasi muda yang berada dalam zona lingkar tambang. Secara virtual, Pengumuman Resmi Beasiswa DPM 2021/2022 dan Peresmian Awal Program Pendidikan Guangdong Polytechnic of Industry and Commerce (GDPIC) Program Studi Diploma in Mechanical Manufacture and Automation yang diselenggarakan oleh PT.DPM dan pihak China, yaitu NFC dan GDPIC pada Rabu, 23 Maret 2022.

Program Beasiswa DPM tahun ini menjaln Kerjasama dengan kampus tujuan, Guangdong Polytechnic of Industry and Commerce (GDPIC) dengan Program Studi Diploma in Mechanical Manufacture and Automation di Kota Guangzhou yang juga merupakan kampus yang jadi tempat Pendidikan 4 siswa/i dari Kab. Dairi, penerima beasiswa DPM tahun 2019 yang hingga sekarang masih mengenyam pendidikan di sana, serta Changchun Polytechnic dengan Program Studi Diploma in Mechanical and Electrical Integration di Kota Changchun, Provinsi Jilin, China.

Pada acara pengumuman tersebut, turut hadir Presiden Direktur PT. DPM dan Direksi PT. DPM lainnya, Direktur NFC bidang Human Resources, Pendidikan & Pelatihan, Bupati Dairi , Rektor GDPIC dan semua Direkur & Ka.Bag. Guangdong Polytechnic of Industry & Commerce serta 12 siswa terpilih dari lingkar tambang PT. DPM.

Harapan Besar

Harapan Besar

Presiden Direktur PT DPM dalam pidatonya yang di wakili oleh salah satu Direksi, Mr. Wang Bing, menyampaikan selamat kepada 12 kandidat pendaftar program Beasiswa DPM 2021/2022 karena semua berhasil lolos seleksi program Beasiswa DPM 2021/2022 dengan harapan semua siswa/i bisa mendapat ilmu dan pengalaman mengesankan, menyenangkan selama kuliah di GDPIC dan berhasil sukses hingga selesai program.

Mr. Wang Bing juga menaruh harapan yang besar terhadap seluruh mahasiswa/i Dairi dapat belajar lebih banyak, menjalin pertemanan lebih banyak, memperdalam pemahaman tentang sosial budaya China, serta menjadi duta promosi dan jembatan pertukaran budaya antar kerja sama dan persahabatan dua negara.

Sementara itu, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas terlaksananya acara tersebut di kala pandemic.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkab Dairi sangat berharap banyak kepada PT.DPM agar pemberian beasiswa ini dapat di laksanakan rutin setiap tahun, tidak hanya terbatas kepada anak-anak di sekitar lokasi tambang tetapi anak-anak lain yang ada di Kabupaten Dairi dengan jumlah yang lebih banyak.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga di sampaikan Dr. Eddy Berutu kepada jajaran Direksi dan manajemen DPM, NFC, juga kepada Kepala Sekolah dan jajaran manajemen GDPIC atas atensi yang diberikan kepada Pemkab Dairi.

“kami titipkan anak-anak kami kepada Bapak Ibu sekalian”. Ucap Eddy.

Satu-Satunya Siswi

Satu-Satunya Siswi

Dumora Tambunan, Satu-satunya pemudi yang mendapat beasiswa ke China tersebut mengaku sangat bersyukur telah mendapatkan beasiswa pendidikan ke China oleh PT. DPM. Pemudi Lulusan SMA Jurusan IPA tersebut juga berharap nantinya masyarakat khususnya yang menolak adanya pertambangan dapat melihat dampak positif yang diberikan bukan hanya dampak negatifnya.

“Perasaan saya sangat bersyukur bisa di terima di kampus China, dan juga orang tua saya sangat mendukung, karena lewat peluang akan menjadi langkah awal yang bagus buat saya. Kedepannya saya juga berharap terhadap masyarakat yang menolak bisa melihat program yang di buka lewat beasiswa atau yang lainnya di mana Pertambangan DPM bisa membantu memberikan kesempatan bagi penerus untuk bisa mewujudkan impian”. Ungkapnya saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp (23/03/2022).

Perlu Diketahui, Program Beasiswa DPM tahun ajaran 2021/2022 ini berawal September 2021 lalu dengan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Silima Pungga Pungga untuk mengadakan sosialisai kepada seluruh kepala desa yang berada di wilayah sekitar tambang. Berlangsung pada tanggal, 9 September 2021 di Aula Kantor Kecamatan Silima Pungga – Pungga dan Secara simultan, proses melengkapi semua persyaratan, hingga tahapan-tahapan seleksi berjalan dari September hingga akhir Desember 2021.

Berikut daftar nama-nama siswa/i yang mendapatkan beasiswa pendidikan ke China :
1. Alfin Damanik asal Bongkaras, Silima Pungga-Pungga.
2. Arif Sigalingging asal Longkotan, Silima Pungga-Pungga.
3. Dumora Tambunan asal Sumbari, Silima Pungga-Pungga.
4. Forboy Siagian asal Longkotan, Silima Pungga-Pungga.
5. Irwanto Sitorus asal Uruk Belin, Silima Pungga-Pungga.
6. Kevin Manurung asal Longkotan, Silima Pungga-Pungga.
7. Nico Topak Marpaung asal Parongil, Silima Pungga-Pungga.
8. Torang Triperto Sinaga asal Parongil, Silima Pungga-Pungga.
9. Uba Jumadi Hutagaol asal Longkotan, Silima Pungga-Pungga .
10 Vani Purba asal Longkotan Silima, Pungga-Pungga.
11 Wendy Risky Sirait asal Uruk Belin, Silima Pungga-Pungga.
12 Windra L. Sihombing asal Bonian, Silima Pungga-Pungga.

Reporter | Simon Sianipar

Related posts

Leave a Comment