Halo Calhaj..!! Suhu Udara Saudi 50 Derajat Ya

Suhu udara Saudi

TOPMETRO.NEWS – Suhu udara Saudi diprediksi meningkat. Calon jemaah haji Indonesia diminta tidak kaget. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sudah memprediksi musim panas di Arab Saudi saat musim pelaksanaan haji pada Juli 2022 mendatang hingga 50 derajat celcius.

“Di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40-44 derajat celcius, menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,” kata Yaqut dalam keterangan resmi, Senin (23/5/2022).

Yaqut berharap para jemaah mulai mempersiapkan diri dengan cuaca ekstrem di Saudi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Dia juga berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji.

“Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrem, suhu udara yang ekstrem. Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja,” kata dia.

Di sisi lain, Yaqut telah memastikan layanan akomodasi, transportasi dan katering bagi jemaah asal Indonesia sudah siap. Yaqut juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik.

“Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi,” pintanya.

Pihak Arab Saudi telah mengizinkan satu juta orang menunaikan ibadah haji di luar warga Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Indonesia mendapatkan kuota haji tahun 2022 yaitu 100.051 jemaah. Pemberangkatan kloter jemaah haji pertama 4 Juni 2022.

BACA PULA | Arab Saudi Larang Warganya Kunjungi Indonesia dan 15 Negara Lain

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, merebaknya kembali Covid-19 dan lonjakan cepat dalam jumlah infeksi Covid setiap hari selama beberapa minggu terakhir, Arab Saudi telah melarang warganya bepergian ke enam belas negara, termasuk Indonesia.

16 negara di mana warga Arab Saudi tidak boleh bepergian selain Indonesia adalah Termasuk Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, Yaman, Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, India, Vietnam, Armenia, Belarusia dan juga Venezuela.

sumber\foto | riausky
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment