Manfaat Sinar Matahari Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat sinar matahari

TOPMETRO.NEWS – Manfaat sinar matahari, tak cuma manfaat vitamin D yang berguna bagi kesehatan kita. Sayangnya, beberapa orang memilih menghindari agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sehingga, untuk menghindarinya banyak orang menggunakan kendaraan agar cepat sampai tujuan tidak terkena sinar matahari terlalu lama.

Padahal sinar matahari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih sehat.

Sebagaimana dilansir suara, terdapat beberapa manfaat yang diberikan dari paparan sinar matahari.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Paparan sinar matahari pagi dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sinar matahari dapat membuat produksi melatonin yang baik untuk membantu tidur pada seseorang. Semakin banyak terkena sinar matahari pagi, akan semakin baik produksi melatonin dalam tubuh.

2.Menjaga tulang tetap kuat

Sudah banyak diketahui jika sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D akan memberikan kalsium yang membantu mencegah tulang rapuh, menipis, dan cacat.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain baik untuk tulang, vitamin D juga berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, seseorang akan terhindari dari berbagai penyakit dan infeksi yang berbahaya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Berjemur dibawah sinar matahari pada jam 8 selama kurang lebih 30 menit dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Mengurangi stres

Melatonin juga berguna untuk mengurangi stres pada seseorang. Dengan demikian terkena sinar matahari terutama di pagi hari dapat mengurangi stres yang dialami seseorang.

6. Melawan depresi

Sinar matahari dapat meningkatkan serotonin dalam tubuh. Hal ini mampu membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Hal tersebut akan membantu tubuh terhindar dari depresi. Paparan sinar matahari juga membantu mengurangi gejala perubahan suasana hati yang dialami.

7. Umur panjang

Sebuah studi yang diikuti 30.000 wanita Swedia menemukan, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari hidup enam bulan sampai dua tahun lebih lama. Sementara wanita yang kurang paparan sinar matahari tidak.

sumber\foto | tempatwisataunik \  suara 

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment