Bimtek Kaur Keuangan, Afandin Harapkan Program 1 Desa untuk 5 Beasiswa Terlaksana

Kaur Keuangan

topmetro.news – Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin SH membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi peraturan perundang-undangan tahun 2022 tentang desa bagi Kaur Keuangan Desa se-Kabupaten Langkat di Hotel Antares Jln.Sisingamangaraja Medan, Selasa (23/8/2022) malam.

Syah Afandin menegaskan pada sambutannya setiap Kepala Desa (Kades) agar menganggarkan biaya beasiswa kuliah bagi lima pelajar berprestasi dan kurang mampu.

Pengalokasian anggaran desa untuk beasiswa harus sesuai aturan berlaku. Kaur Keuangan Desa diharapkan membantu dan menyusun draft penggunaan dana dasa untuk biaya beasiswa.

“Ini sudah berulang kali saya sampaikan, mulai dari pelantikan Kades hingga terakhir pada silaturahmi Kades se-Langkat dan kegiatan lainnya. Saya harap beasiswa untuk lima pelajar di masing-masing desa terlaksana,” ujarnya.

Selain itu, Afandin juga menegaskan bahwa pemerintah konsisten ingin memajukan pembangunan desa. Pemerintah pusat telah menganggarkan untuk dana desa seluruh Indonesia Rp70 triliun, ini bertambah Rp3 triliun dari tahun sebelumnya ditahun 2022 sebesar Rp67 triliun.

“Pada Pemilu nanti banyak menyerap anggaran, tapi anggaran dana desa tidak dikurangi malah ditambah. Ini bentuk kepercayaan yang besar dari pemerintah terhadap pemerintahan desa,” sebutnya.

Untuk itu Afandin meminta agar Kaur Keuangan Desa mengikuti Bimtek dengan serius. Agar pengetahuan pengelolaan dana desa (DD) dan angaran dana desa (ADD) berjalan sesuai aturan berlaku serta tepat sasaran, sesuai yang dibutuhkan untuk kemajuan desa.

Afandin juga berpesan untuk tidak main-main dengan dana desa. “Jangan main-main dengan dana desa, hindari setiap pelanggaran. Saya juga tidak main-main dengan para APH untuk menindak tegas para Kades yang menyalahgunakan dana desa” tegasnya.

Sementara Kepala BPKAD Kabupaten Langkat Drs.MIskandarsyah pada laporannya bahwa pelaksanaan pengelolaan keuangan di desa perlu ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan perangkat desa yang menangani pengelolaan keuangan di desa.

“Hal itu sejalan dengan Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” sebutnya.

Iskandarsyah menjelaskan Bimtek ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan keuangan desa dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan.

Selain itu untuk meningkatkan kepatuhan pemerintah desa dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan.

“Mengelola pajak melalui transaksi pengelolaan anggaran pendapatan belanja desa maupun dalam pencapaian target PBB yang ditetapkan di desa,” terangnya.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dilaksanakan tiga hari mulai 23 – 25 Agustus 2022, diikuti 240 Kepala Urusan Keuangan Desa se-Langkat, bertempat di Hotel Grand Antares Medan.

Narasumber yang dihadirkan terdiri dari  Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sumatera Utara dengan materi pembinaan pengelolaan keuangan desa.

Dari kantor perbendaharaan negara dengan materi implementasi SMK 190 tahun 2021 tentang pengelolaan keuangan desa.

Dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama dengan materi Implementasi 59/PMK.03/2022 tentang pemungutan pengaturan dan pelaporan pajak bagi instansi pemerintah.

Kemudian Tim Bapenda dan Inspektorat Kabupaten Langkat dengan materi pengawasan Dana Desa, ADD, dan dana bagi hasil pajak daerah dan retrebusi daerah.

Turut hadir Sekdakab Langkat H.Amril SSos MAP, Asisten II konomi dan Pembangunan Drs.H.Hermansyah MIP,  Asisten Adm Umum Musti SE MSi, Kadis Perhubungan Drs.Muliyono MSi, Kadis Kominfo H.Syahmadi SSos MSP, Kadis PMD Sutrisuanto SSos, Kadis Perikanan dan Kelautan Drs.T.M Auzai, Kadis Pendidikan Dr.H.Syaiful Abdi SH SE MPd, Kepala BPBD Drs.H.Irwan Sahri, Kadis Dukcapil Faizal Rizal Matondang SSos MAP, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Hendrik Tarigan SPt MMA, Plt Kadis Koperasi Suriono SPd, Kakan Kesbang Pol Faisal Badawi SSos, Sekdis PMP2TSP Nuansyah Harahap SSTP MAP,  Kabag Umum Eka Syahputra Depari SSTP MAP, Kabag Prokopim Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP dan Kabag Perekonomian Nuriansyah Putra MSi.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment