Keuangan Bank Sumut Meningkat, Laba Meningkat 12,4% dan Pencapaian KUR 101,8%

Keuangan Bank Sumut Meningkat, Laba meningkat 12,4% dan Pencapaian KUR 101,8%

topmetro.news –  Kinerja keuangan PT. Bank Sumut terus meningkat. Sampai Juni atau Semester I tahun 2022, tercatat aset Bank Sumut mencapai Rp41,041 triliun. Itu berarti tumbuh 6,5% dibandingkan Juni tahun lalu sebesar Rp38,527 triliun secara Year on Year (YoY).

Laporan tentang kinerja keuangan tersebut dipaparkan jajaran manajemen Bank Sumut kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  Edy Rahmayadi. Yakni, saat acara silaturahmi, di rumah dinas Gubsu pada Rabu (31/8/2022).

Turut hadir pada saat itu Komisaris Utama Independen Bank Sumut Brata Kesuma, Komisaris Non Independen Syahruddin Siregar dan Komisaris Independen Erlina. Hadir juga Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Direktur Kepatuhan Eksir, Direktur Bisnis dan Syariah Irwan, dan Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Arieta Aryanti.

Direksi Utama Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan, juga menjelaskan tentang laba PT.Bank Sumut yang meningkat. Yakni 12,4 %, atau sebesar Rp.345 miliar secara YoY daripada tahun sebelumnya Rp.307 miliar.

Baca Juga | Kinerja Sangat Bagus, Bank Sumut Kembali Raih Golden Trophy Dari Infobank

Untuk performa kredit Bank Sumut juga tumbuh 8,5% (yoy). Pada Juni 2021, nilai kredit yang bank salukan tersebut tercatat Rp.24,295 triliun. Sedangkan pada Juni 2022, nilainya meningkat menjadi Rp 26,362 triliun. Komposisinya terdiri atas kredit produktif sebesar 42% dan kredit konsumtif sebesar 58% juga di salurkan kepada kalangan UMKM dengan persentase sebesar 31% dan non UMKM dengan persentase sebesar 69%.

Sejalan dengan pertumbuhan kredit tersebut, PT. Bank Sumut tercatat berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp509 miliar. Dengan jumlah debitur 34.810 atau 101,8% dari target penyaluran KUR pada Semester I Tahun 2022.

Realisasi KUR Meningkat

Rahmat Fadillah Pohan juga menjelaskan, untuk tahun 2022 ini, Bank Sumut mendapatkan kuota penyaluran KUR sebesar Rp1 triliun atau sebesar Rp500 miliar setiap enam bulan. Dan pada Semester I ini realisasi KUR Bank Sumut meningkat di atas target.

“Tentunya Bank Sumut optimis dapat mencapai target akhir tahun nantinya” katanya.

Rahmat juga menjelaskan, kepercayaan nasabah kepada Bank Sumut juga semakin meningkat. Tercatat total Dana Pihak Ketiga (DPK) atau simpanan masyarakat mencapai sebesar Rp 34,425 triliun atau tumbuh 7,1%.

“Pada Tahun 2022 ini Bank Sumut juga duduk pada peringkat ke lima Bank Pembangunan Daerah di Indonesia berdasarkan total asset dan penyaluran kredit yang diberikan,” sebutnya.

Gubsu Edy mengaku sangat menyambut baik pemaparan kinerja Semester I dari jajaran manajemen Bank Sumut tersebut. Selanjutnya Gubsu  berharap agar jajaran pengurus Bank Sumut tetap solid, sehingga dapat terus meningkatkan kinerjanya, untuk mendorong kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Rilis

Related posts

Leave a Comment