Maripay, Solusi Digital Permudah Transaksi Keuangan Pekerja Migran di Malaysia

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, terdapat 1,85 juta Warga Negara Indonesia yang berjuang di Malaysia sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

topmetro.news – Berdasarkan data dari Bank Indonesia, terdapat 1,85 juta Warga Negara Indonesia yang berjuang di Malaysia sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Mereka bekerja pada berbagai sektor industri, salah satunya pada sektor perkebunan.

Kabarnya, PMI di Malaysia yang berkecimpung di bidang perkebunan tak sedikit yang merasakan kendala terkait kegiatan bertansaksi.

Merespon hal tersebut, PT Finnet Indonesia (Finnet) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkolaborasi dengan Suis Digital dan Mpay untuk membangun aplikasi yang ramah bagi PMI, namanya Maripay. Kolaborasi ini juga dengan dukungan Mandiri International Remittance Shd. Bhd (MIR) untuk operasional proses prefund Maripay dari Malaysia ke Indonesia.

Maripay merupakan layanan dompet elektronik berbasis aplikasi mobile. Layanan ini memfasilitasi transaksi pembayaran, pembelian hingga pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

Peresmian aplikasi karya anak bangsa ini berlangsung di Ball Room Hotel Pullman. Pada peresmiannya, hadir Duta Besar Indonesia di Malaysia Hermono, Komisaris Utama Finnet Difi Ahmad Johansyah, Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin, CEO Telin Malaysia Devy Parlindungan Siregar, Direktur Utama Mandiri International Remittance Shd. Bhd (MIR) Lugiyem, CEO MPAY Dato Chew Chee Seng, serta jajaran direksi lainnya.

Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin menyampaikan bahwa beragam solusi digital sebagai tawaran Maripay untuk memberikan kemudahan PMI dalam melakukan transaksi finansial.

“Maripay ini kaya akan fitur. Salah satunya pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. Jadi PMI tidak kesulitan lagi untuk melakukan pengiriman uang. Bisa langsung dari tempat mereka bekerja tanpa harus mengantri. Keluarga di Indonesia juga bisa melakukan penarikan dana di Indomaret maupun melalui bank yang terkoneksi dengan Finnet. Tidak perlu khawatir juga dengan konversi mata uang. Karena pengiriman langsung terkonversi dari Ringgit Malaysia ke Indonesia Rupiah,” tutur Rakhmad.

Kendala PMI

Sebagai informasi, beberapa PMI masih terkendala dalam melakukan pengiriman uang. Di antaranya, antrian yang panjang, biaya admin yang tinggi, dan harus melalui loket transaksi. Tidak hanya itu, kebutuhan dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan di kampung halaman menjadi permasalahan lain.

Maripay pun memberikan solusi remitansi yang dapat berlangsung di mana saja melalui aplikasi mobile. Selain itu, adanya fitur pembayaran tagihan bulanan untuk layanan di Indonesia (IndiHome, MNC Vision, PLN, BPJS Kesehatan, Kartu Halo dan voucher pulsa) dan di Malaysia (Maxim, Digi, XOXO, Celcom, RedONE dan provider lainnya) juga menjadi nilai tambah dari aplikasi Maripay.

Biaya admin juga jauh lebih murah dan pengiriman uang berlangsung secara real-time. Uang yang telah ditransfer dapat diambil di Indomaret. Juga ke semua rekening bank di Indonesia yang terkoneksi dengan Finnet.

Lebih lanjut Rakhmad menambahkan, “PMI juga tidak perlu pusing lagi memikirkan keluarga di kampung halaman. Untuk bayar-bayar tagihan, Maripay sudah memberikan solusinya secara digital. Mau bayar tagihan-tagihan bulanan bisa, beli voucher juga bisa,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia di Malaysia Hermono menyampaikan apresiasi atas inovasi aplikasi mobile Maripay yang telah memberikan solusi terbaik untuk PMI di Malaysia.

“Terima kasih Finnet, Telkom, dan pihak terkait atas perhatiannya kepada PMI di Malaysia. Menjadi ‘concern’ kami untuk selalu menjaga Warga Negara Indonesia di Malaysia. Memberikan keamanan dan kemudahan selama PMI bekerja di Malaysia. Semoga ke depannya kerjasama ini dapat selalu ditingkatkan,” ujarnya.

Sejalan dengan visi G20, Telkom sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi digital telco mendukung digitalisasi di segala lini. Termasuk untuk para pejuang devisa di Malaysia.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, tanggal 18 Oktober kemarin di event G20 menyampaikan, Telkom akan berfokus membangun digitalisasi di segala lini.

“Maripay merupakan salah satu peran kami untuk mewujudkan Visi Telkom, tidak hanya mendigitalisasi namun memberikan benefit bagi PMI. Menjadi kebanggaan kami TelkomGroup bisa memberikan kontribusi kami kepada seluruh Warga Negara Indonesia sampai ke Negeri Malaysia,” tutup Budi.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment