Kukuhkan IKABOGA Sumut, Nawal: Manfaatkan Pangan Lokal

Kukuhkan IKABOGA Sumut, Nawal: Manfaatkan Pangan Lokal
Advertisement

topmetro.news  – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis mengajak Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Ahli Boga (IKABOGA) Sumut memanfaatkan dan mengolah pangan lokal menjadi makanan yang lezat dan kaya kandungan gizi. Nawal Lubis sampaikan hal ini saat mengukuhkan Pengurus DPD IKABOGA  Sumut periode 2022-2027 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (16/11/2022).

Menurut Nawal Lubis,  dengan mengedepankan  pangan lokal, masyarakat akan ikut andil sehingga bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat.

“Ikaboga Sumut bisa membina masyarakat di bidang tataboga. Manfaatkan pangan lokal di 33 kabupaten/kota yang beragam rasa dan ciri khas asli Sumut,” ujarnya.

Selaku Dewan Pembina, Nawal Lubis juga berharap Ikaboga Sumut bisa bersinergi dengan pemerintah. Salah satunya, berkontribusi dalam peningkatan taraf kesehatan dan ketahanan pangan masyarakat melalui edukasi terkait pangan yang beragam di Sumut. Dengan nilai gizi seimbang dan aman di konsumsi.

“Perlu ibu ketahui fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting, ini kesempatan ibu. Bekerjasamalah dengan  Pemda, edukasi masyarakat untuk makanan-makanan yang benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi. Sehingga stunting di Sumut ini akan hilang,” harap Nawal.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman, Dewan Penasihat Ikaboga Sumut Hasan Basri, Dewan Kehormatan Ikaboga Sumut Rosna Nurlely Siregar, para Ketua dan pengurus DPD/DPC Ikaboga Kabupaten/Kota.

Kepada pengurus yang baru, Nawal Lubis mengucapkan selamat bertugas. Tidak lupa ia berpesan agar Ikaboga Sumut bisa berkontribusi besar untuk memajukan pengusaha yang di dominasi kaum ibu-ibu.

“Selamat bekerja, semoga Ikaboga Sumut dapat mengharumkan Sumut melalui kuliner yang bervariasi, bergizi, dan bisa go internasional,” harapnya.

Adapun pengurus DPD Ikaboga Sumut yang dilantik untuk priode kepengurusan 2022-2027 yakni Ketua Umum Megat Molina, Sekretaris Boby Marfansyah Maduwu, Bendahara Widyawati.

Ketua DPD Ikaboga Sumut Megat Molina menyampaikan,  Ikaboga Indonesia berdiri 3 Desember 1987 yang merupakan wadah tunggal Ahli Boga Indonesia. Saat ini katanya sudah tersebar di 28 provinsi seluruh Indonesia.

Ikaboga hadir untuk memberi keahlian bagi masyrarakat di bidang tataboga dengan membuka lembaga khursus dan pelatihan.

“Kita mengajarkan memasak, ada level-levelnya mulai dari jajanan, aneka roti, kue, untuk pengakuan keahlian mereka diberikan sertifikat melalui uji kompetensi,”katanya.

Megat berharap, hadirnya Ikaboga masyarakat Sumut/Indonesia memiliki keahlian pada bidang tata boga untuk mengangkat kuliner nusantara di kancah internasional.

Pada kesempatan tersebut juga berlangsung Pelantikan tujuh Dewan Pumpinan Cabang (DPC) oleh Ketua DPD Ikaboga Sumut Megat Molina. Adapun pengurus DPC yang dilantik untuk periode 2022-2027 yakni DPC Ikaboga Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai, Kota Tebingtinggi dan DPC Ikaboga Kota Pematangsiantar.

Penulis: Erris

Advertisement

Related posts

Leave a Comment