Pulihkan Ekonomi Pasca-Pandemi, Sergai Serahkan Bantuan Alat Produksi Bagi Pelaku Usaha dan Kelembagaan Koperasi

Sebagai upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca-Pandemi Covid-19, Pemkab Sergai menyerahkan alat produksi bagi pelaku UMKM dan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital.
Advertisement

topmetro.news – Sebagai upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca-Pandemi Covid-19, Pemkab Sergai menyerahkan alat produksi bagi pelaku UMKM dan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (18/11/2022).

Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan menyampaikan jika Pemkab Sergai terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi.

“Melalui bantuan yang diberikan kepada UMKM ini diharapkan dapat membangkitkan kembali gairah perekonomian yang sempat lesu. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Di kesempatan serupa, Bupati Darma Wijaya menambahkan, Pemkab Sergai terus mendorong para pelaku UMKM dapat segera mendaftarkan produknya ke e-katalog. Yaitu, sistem informasi elektronik dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sistem ini memuat informasi usaha, harga, dan informasi lainnya, terkait dengan penyedia barang atau jasa.

Bang Wiwik sapaan akrab Bupati menyebut, produk UMKM dapat dijual dan dipromosikan melalui media digital. “Sehingga dapat meningkatkan omset usahanya bisa lebih tinggi lagi,” ujar Bupati di hadapan Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar, Kadis Nakerkop Drs Fajar Simbolon MSi, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Drs Unggul Sitanggang MSi, para camat serta para penerima bantuan alat produksi.

“Mari kita sama-sama mendorong dan membantu dengan berbagai upaya agar para pelaku UMKM Sergai tumbuh dan berkembang lebih maju lagi,” pungkasnya.

Penguatan Koperasi

Sedangkan Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Darma Wijaya mengutarakan, bahwa kelembagaan dan penguatan koperasi sebagai langka pemulihan ekonomi pasca-Pandemi Covid-19. Hal ini telah menunjukkan hasil yang baik, karena secara bertahap perekonomian mengalami pertumbuhan yang positif.

Pemkab Sergai, lanjutnya lagi, terus berupaya untuk memberikan dukungan bagi koperasi dan pelaku usaha. Termasuk dalam program pengembangan koperasi modern dan pengembangan pelaku UKM agar lebih maju dan berkualitas. Sehingga dapat menyejahterakan masyarakat khususnya bagi pelaku usaha dan anggota koperasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Oleh karena itu, salah satu langkah pemerintah adalah dengan memberikan bantuan kepada koperasi dan pelaku UKM. “Pemkab Sergai melalui Dinas Nakerkop dan TP PKK serta OPD terkait lainnya dapat bersinergi. Dengan harapan agar bantuan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuatitas koperasi serta pelaku UKM. Sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” harapnya.

Drs Fajar Simbolon MSi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan itu merupakan komitmen bersama Pemkab Sergai untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca-Pandemi Covid-19. Selain itu bantuan diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai modal dalam usaha. “Agar lebih meningkatkan hasil usahanya sekaligus berinovasi menjadi modern berbasis digital,” ujarnya.

Ada pun alat bantuan produksi diberikan kepada pelaku usaha sebanyak 12 orang. Kemudian, sarana koprasi sebanyak 2 koperasi.

penulis | Erris JN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment