Cara Merawat Baterai Hp Supaya Awet dan Tahan lama

Cara Merawat Baterai Hp Supaya Awet dan Tahan lama
Advertisement

topmetro.news – Cara Merawat Baterai Hp, Hp merupakan kebutuhan primer di zaman teknologi seperti saat ini. Penggunaan Hp yang tidak teratur akan membuat Hp cepat rusak. Untuk mendaptkan Hp baru Kita perlu merogoh kocek jutaan rupiah. Tentu, ini bukan nominal yang kecil. Apalagi pada situasi ekonomi yang sulit seperti saat ini. Oleh sebab itu, pada artikel ini, akan disajikan cara merawat baterai Hp sebagai salah satu langkah untuk meminimalisir pengeluaran.

Batrai Hp merupakan komponen utama yang sangat mempengaruhi kinerja. Baterai Hp yang mudah cepat habis akan menghambat kita dalam melakukan pekerjaan. Untuk pemilik badget pas-pasan, kejadian seperti ini tentu sangat menyebalkan. Makanya, ilmu cara merawat baterai Hp harus kita terapkan, supaya anggaran keuangan tetap aman.

Cara Merawat Baterai Hp Supaya Awet

Hp yang dirawat dengan baik akan memiliki ketahanan lebih lama daripada yang tidak dirawat. Apalagi digunakan dengan sembarangan tanpa mempertimbangkan kekuatan Hp tersebut.

1. Gunakan Charger/Pengisi Daya yang Ori

Resiko paling serius yang ditimbulkan dari penggunaan charger palsu adalah membuat Hp cepat rusak. Pasalnya, Charger palsu tidak dilengkapi dengan keamanan. Sedangkan charger asli dilengkapi dengan sekring yang dapat membantu Hp dalam mengontrol panas dan daya.
Resiko yang tak kalah berbahaya daripada penggunaan charger palsu adalah dapat menimbulkan sengatan listrik dan ledakan. Hal ini, karena charger yang palsu tidak melewati proses pemeriksaan standar keamanan, tanpa sertifikasi keamanan, dan tanpa pemeriksaan kualitas.

2. Hindari Lowbat atau isi Baterai Rendah

Seringkali ketika terlalu asyik menggunakan hp, kita memaksa hp pada kondisi yang lawbett hingga mencapi 5 persen bahkan sampai 0 persen baru kita charger. Kebiasaan seperti ini, jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan pengisian baterai menjadi lama, melembung, dan cepat habis.
Usahakan ketika sisa baterai mencapi 20 persen segera lakukan pengisian daya. Supaya baterai tidak sampai pada kondisi lemah atau law battery.

3. Pengisian Daya yang Berlebihan

Pengisian daya baterai yang terlalu over bukan membuat baterai tahan lama. Melainkan mengakibatkan baterai Hp cepat rusak. Rentang pengisian yang bagus untuk kesehatan hp adalah 20 persen sampai 80 persen.

Apabila pengisian daya telah mencapai 80 persen, anda dapat segera mencabutnya. Hal inj selain dapat membuat baterai Hp awet, juga akan membuat Charger awet.

4. Jangan Mencharger Hp Semalaman

Hayo, siapa di sini yang hobi mencharger Hp semalam suntuk? Kebiasaan buruk yang dengan sadar sering kita lakukan adalah, menggunakan Hp seharian penuh tanpa jeda. Lalu, malamnya ketika tidur kita membiarkan Hp tercharger sampai pagi hari.
Walaupun beberapa pemilik produk hp telah mengklaim bahw pengisian daya baterai yang berlebih tetap aman. Akan tetapi, jika bisa menghindari alangkah baiknya kita gunakan pengisian sesuai dengan standarnya.

5. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang sudah selesai digunakan tetapi tidak ditutup akan terus menguras daya baterai. Karena aplikasi yang aktif akan selalu siaga dan bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, supaya daya baterai bisa bertahan lama, tutuplah aplikasi apabila sudah tidak dipakai.
Itulah 5 cara sederhana yang bisa diterapkan supaya Baterai Hp awet dan tahan lama.

Penulis | Daim

Advertisement

Related posts

Leave a Comment