14 Tahun Polisi Menyamar Wartawan, PWI dan Dewan Pers Kebobolan?

Polisi menyamar wartawan

TOPMETRO.NEWS – Polisi menyamar wartawan? Inilah yang terjadi. Seorang pegiat Media Sosial, Darmansyah turut mengomentari sosok Iptu Umbaran Wibowo yang kini dilantik menjadi Kapolsek Kradenan, Polres Blora, Jawa Tengah.

Darmansyah pernah bergelut menjadi di dunia jurnalis merasa geli sosok anggota Polri nyambi menjadi wartawan di salah satu televisi swasta.

“Kok ada polisi menyamar wartawan atau kontributor TVRI selama 14 tahun. Namanya pun tercatat di Dewan Pers sebagai wartawan madya,” kata Darmansyah kepada pojoksatu.id, Selasa (13/12/2022).

Darmansyah mempertanyakan aturan Polri yang memperbolehkan anggota polisi merangkap jabatan. Sebagaimana halnya yang dilakoni Iptu Umbaran Wibowo.

“Apa diperbolehkan PNS dari kepolisian rangkap profesi sebagai wartawan dan abdi negara,” katanya bernada heran.

“Jika tidak boleh, artinya Dewan Pers atau organisasi wartawan kebobolan memasukkan namanya sebagai peserta uji kompetensi wartawan (UKW),” tuturnya.

Karena itu, pria yang akrab disapa Darman itu meminta agar polisi menjelaskan ke publik tujuan Iptu Umbaran Wibowo menyamar menjadi jurnalis.

“Kepolisian pun harus menjelaskan tugas atau misi Umbaran Wibowo dari anggota polisi selama menyamar jadi wartawan,” ujarnya.

“Sebab waktu menyamar menjadi wartawan yang dilakukan Umbaran selama 14 tahun loh,” tambah Darman lagi.

Diketahui, seorang wartawan TVRI dilantik menjadi Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

Perwira polisi itu bernama Iptu Umbaran Wibowo. Dia ternyata sudah 14 tahun menyamar sebagai kontributor TVRI.

Dari rekam jejaknya, Iptu Umbaran Wibowo pernah ditempatkan sebagai Intelijen Khusus (Intelsus) Polda Jateng. Hal yang mengherankan, identitasnya tercatat di Dewan Pers.

Dilansir dari laman resmi dewanpers.or.id, nama Umbaran Wibowo tercatat bertugas di TVRI Jateng.

Nama Umbaran Wibowo tercatat sebagai wartawan madya dengan nomor anggota 8953-PWI/WDya/DP/I/2018/19/10/84.

Artinya, Iptu Umbaran Wibowo lulus sebagai wartawan madya di Dewan Pers pada tahun 2018.

Berdasarkan data itu, Iptu Umbaran Wibowo lahir 19 Oktober 1984.

Dengan begitu, Iptu Umbaran Wibowo sukses menyamar dan mengelabui lembaga pers di negeri ini selama 14 tahun menjadi wartawan TVRI.

BACA PULA | Inilah Rekor Baru Penyelenggaran UKW Terbanyak di Indonesia

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mencetak rekor baru pada penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Yakni pada Angkatan 49, 50, 51 tahun 2022, merekrut peserta UKW sebanyak 100 orang dalam satu hari penyelenggaraan.

Jumlah ini terbanyak jika menilik penyelenggaraan UKW-UKW oleh pengurus PWI provinsi di seluruh Indonesia.

Namun dari kuantitas itu, yang lulus sebagai wartawan berkompeten sebanyak 87 orang dan belum kompeten 8 orang. Rinciannya terdiri dari peserta UKW jenjang Muda 78 orang, Madya 10 orang, dan Utama 7 orang. Mereka langsung menerima ujian dari 18 orang penguji, yang merupakan wartawan senior dan telah memiliki legalitas formal dan jam terbang tinggi.

Penutupan acara UKW berlangsung di Grand Asrilia Hotel Convention dan Restaurant Jalan Pelajar Pejuang 45, No 123 Bandung, Rabu (16/11/2022).

asl!

Related posts

Leave a Comment