Bupati Taput Hadiri Peringatan HPN dan HUT PWI Sekaligus Serahkan Hadiah Lomba Karya Tulis Tingkat SMA

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi bersama Kadis Kominfo Hendrik Taruna dan Forkopimda menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 Tingkat Kabupaten, Jumat (3/3/2023).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi bersama Kadis Kominfo Hendrik Taruna dan Forkopimda menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 Tingkat Kabupaten, Jumat (3/3/2023).

Pada kegiatan di Taman Kota Tarutung itu Nikson juga sekaligus menyerahkan hadiah Lomba Karya Tulis Tingkat SMA.

Acara itu bertema ‘Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat’. Sedangkan topik lomba tulis adalah ‘Dampak Keberadaan Taman Kota Tarutung Bagi Masyarakat’.

Nikson Nababan mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan, khususnya jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Utara, atas perhatian, dukungan dan kerja sama yang telah terbangun selama ini.

“Puji Tuhan. Kerja sama kita telah memberikan pencerahan, penerangan, dan kecerdasan kepada masyarakat. Dan telah berbuah terhadap kemajuan di Kabupaten Tapanuli Utara,” ucap Bupati.

Menurut Nikson, keterbukaan pemerintah sangat penting bagi masyarakat. Sehingga jika masyarakat mengetahui, maka akan ada ‘trust’ (kepercayaan) kepada pemerintah.

“Kalau masyarakat percaya pada pemerintah, akan ada partisipasi dari rakyat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya.

Dalam acara HUT PWI tersebut, Bupati juga menegaskan, selama ini sangat terbantu dengan hadirnya awak media sebagai mitra yang strategis. Apalagi dengan pemberitaan yang analitis, objektif, dan bertanggung jawab.

Bupati juga sangat mengapresiasi kerja PWI melalui Lomba Karya Tulis Tingkat SMA itu. Bahkan untuk kegiatan para pelajar demi meningkatkan prestasi para generasi penerus bangsa, ia siap mendukung melalui APBD. Misalnya, lomba koor, menulis, futsal, voli, sepakbola, dan lainnya. Sehingga dengan demikian, anak-anak muda Taput bisa mengeluarkan dan mengembangkan bakat-bakatnya sebagai wujud SDM berkualitas.

“Luar biasa kerja PWI yang telah melibatkan anak SMA. Luar biasa terobosannya. Saya juga mengucapkan selamat kepada adik-adik pemenang lomba. Dan saya berharap para pemenang lomba akan semakin meningkatkan prestasinya. Bagi adik-adik yang belum juara, tetap semangat dan tetap berkarya,” tutup Nikson.

Safari Jurnalistik

Sementara Ketua PWI Taput Alfonso Situmorang menyampaikan, rangkaian Peringantan HPN diawali dengan safari jurnalistik ke sekolah-sekolah. Antara lain, SMAN 1 Tarutung, SMAN 3 Tarutung, SMA Swasta HKBP 1 dan 2 Tarutung, serta SMA Negeri Sipoholon.

Tujuan safari untuk mengenalkan pers serta profesi wartawan kepada para pelajar. Sehingga mereka mengetahui peran pers sebagai kontrol sosial menyajikan informasi faktual dan edukatif secara luas melalui media cetak, elektronik dan online.

Selain itu para pelajar dapat pelatihan teknik menulis feature. Sehingga menambah khasanah dalam berliterasi serta bernarasi.

Kata Alfonso, awalnya terbangun stigma negative dari profesi wartawan. Namun setelah digambarkan melalui materi yang disampaikan PWI, stigma negative sirna menjadi sebuah apresiasi. Hal tersebutlah yang mendorong pelajar antusias mengikuti lomba karya tulis.

“Saya mewakili PWI Bona Pasogit mengucapkan terima Kasih atas dukungan Bupati Taput Nikson Nababan, yang selama ini mendukung kegiatan PWI sebagai bentuk kemitraan. Kami akan selalu dukung setiap program Bapak. Dan mendoakan yang terbaik untuk Bapak Nikson Nababan,” ungkap Alfonso.

Daftar Juara

Ada pun pemenang Lomba Karya Tulis Tingkat SMA Kecamatan Tarutung – Sipoholon adalah sebagai berikut:

  • Juara I Resti Amanda Ritonga SMA Swasta HKBP 2 Tarutung ‘Si Juru Parkir yang Menggantungkan Harapannya di Taman Kota’
  • Juara II Royto Sinaga SMA Negeri 3 Tarutung ‘Taman Kota Tarutung: Menanam Asa atau Meruntuhkan Cita?’
  • Juara III Sinta Yunita Putri SMA Negeri 2 Tarutung ‘Menyoal Tentang Wisata Baru Kota Tarutung’
  • Harapan I Maria Purba SMA Negeri 3 Tarutung ‘Dampak Keberadaan Taman Kota Tarutung untuk Masyarakat Tapanuli Utara’
  • Harapan II Harya Agustina Simanungkalit SMA Negeri 1 Tarutung ‘Taman Tengah Kota’
  • Harapan III Tien Tessalonika Manalu SMA Negeri 1 Sipoholon ‘Kontribusi Positif Taman Kota Tarutung Terhadap Kehidupan Masyarakat Tapanuli Utara’.

Kemudian juara favorit adalah sebagai berikut:

  • Theresa Simarmata SMA Negeri 3 Tarutung ‘Taman Kota Tarutung Tuntut Masyarakat untuk Berinovasi’
  • Klara Apriani Tobing SMA Swasta HKBP 1 Tarutung ‘Taman Kota Tarutung Dibangun dengan Dana Hingga Milyaran Rupiah, Memang Buat Apa?’
  • Eva Debora Hutagalung SMA Swasta HKBP 2 Tarutung ‘Tarutung dengan Sejuta Makna’
  • Zhekiel Simanjuntak SMA Negeri 2 Tarutung ‘Taman Kota Tarutung, Angin Segar Warga Tarutung’
  • Sifra Marlina Pasaribu SMA Swasta HKBP 2 Tarutung ‘Harapan Baru di Taman Kota Tarutung’
  • Yolanda Septiani Situmorang SMA Swasta HKBP 2 Tarutung ‘Meniti Asa di Usia Senja’.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment