18 Fungsi dan Gaya Kepemimpinan Beserta Contohnya

18 Fungsi dan Gaya Kepemimpinan Beserta Contohnya

topmetro.news – Struktur kepemimpinan yang tepat adalah kunci keberhasilan dari suatu organisasi, baik itu lembaga pemerintahan, organisasi sosial, ataupun perusahaan. Dalam suatu organisasi pada perusahaan tentunya karyawan menjadi faktor penentu apakah perusahaan tersebut berkinerja baik atau tidak. Agar para karyawan dapat memberikan kinerja terbaiknya, Maka para pimpinan yang menjalankan roda perusahaan memiliki peranan yang cukup besar.

Biasanya para pemimpin yang menjalankan roda perusahaan memiliki berbagai tipe dan gaya kepemimpinan yang akan berpengaruh terhadap jalannya roda perusahaan tersebut. Biasanya para karyawan akan menujukan performa terbaiknya apabila mereka merasa nyaman dengan gaya kepemimpinan para atasan mereka.

Fungsi Kepeminpinan di Dalam Suatu Perusahaan

Berikut ini adalah gaya kepimpinan yang harus dimiliki oleh para pimpinan perusahaan guna mencapai target yang diinginkan

1. Memimpin (Leading)

Sebagai seorang pemimpin yang membawahi banyak karyawan, Tanggung jawab dan integritas adalah hal yang wajib untuk di aplikasikan pada seluruh jajaran perusahaan. Pemimpin yang hebat adalah mempu mempin jajaran nya untuk menjalankan roda perusahaan dengan baik. Pemimpin biasanya akan memberikan inspirasi, informasi,dan edukasi kepada para jajaran dan karyawan nya agar selalu memberikan kontribusi yang maksimal, guna mendapatkan goals yang diinginkan.

2. Merencanakan (Planning)

Pemimpin yang cerdas dan memiliki otos kerja yang sangat baik biasanya akan menerapkan berbagai strategi untuk mencapai goals dari perusahaan tersebut. Pemimpin akan mempunyai banyak rencana dan strategi demi kemajuan perusahaan. Biasanya pemimpin yang cerdas akan selalu menidentifikasi suatu masalah dengan cepat dan tepat. Baik itu merubah strategi, menambah ataupun menggabungkan strategi satu dengan yanglainnya.

3. Mengorganisasi (Organizing)

Biasanya pemimpin akan mengorganisasi atau memberikan roadmap yang tepat untuk menjalankan suatu projek atau mengatur jalannya roda perusahaan secara kolektif,efektif, dan effisien. Disini peranan pemimpin sangat vital, karena apabila salah dalam memberikan roadmap tentu akan mengakibatkan tidak berjalannya roda perusahaan dengan baik.

4. Menyusun Staff (Staffing)

Pengelompokan karyawan di dalam suatu organisasi perusahaan juga merupakan sebagian tugas dari pemimpin. Disini pemimpin berhak untuk selalu mengevaluasi kinerja dari struktur organisasi yang ada pada perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk meliihat sejauh mana kinerja para karyawan perusahaan tersebut dalam mengejar target atau goals yang telah diberikan perusahaan.

5. Mengendalikan (Controlling)

Tugas seorang pemimpin bukan hanya untuk menjalankan roda perusahaan, akan tetapi juga memiliki fungsi untuk mengawasi dan mengendalikan jalan nya roda perusahaan agar tetap berada di jalur yang tepat.

Gaya Kepemimpinan Para Pemimpin Perusahaan

Gaya Kepemimpinan Para Pemimpin Perusahaan

Ada kata pepatah yang mengatakan, ‘Dibalik perusahaan yang kuat terdapat karyawan yang hebat’ tentunya pepatah tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Seperti yang kita ketahui semua perusahaan yang kuat memang memiliki karyawan yang hebat, tentu karyawan hebatpun tidak lepas dari peranan pemimpin yang luar biasa juga pastinya.

Berikut ini adalah gaya kepemimpinan para pemimpin perusahaan pada umumnya:

1. Tipe Kepemimpinan Demokratis

Sesuai dengan namanya tipe kepemimpinan demokratis adalah tipe kepemimpinan yang mengutamakan komunikasi secara mufakat. Yang artinya pemimpin memberikan ruang terbuka bagi para karyawan untuk mendiskusikan segala macam case yang terjadi pada perusahaan baik itu masalah yang sedang terjadi, ataupun perkembangan perusahaan. Tentunya tipe kepimpinan ini sangat menarik, karena akan terjadi komunikasi dua arah yang pastinya akan membuat karyawan merasa nyaman sehingga dapat memberikan seluruh dedikasinya untuk perusahaan untuk mengejar goals nya.

2. Tipe Kepemimpinan Transformasional

Umumnya pemimpin yang menggunakan gaya kepemimpinan ini memiliki kemampuan untuk memberikan perubahan yang positif bagi perusahaan. Biasanya pepimpin akan memberikan strategi terbaru maupun strategi kombinasi untuk menciptakan perubahan bagi perusahaan.

3. Tipe Kepemimpinan Visioner

Tipe kepimpinan visioner indentik dengan inovasi terbaru, menggabungkan berbagai strategi dan percobaanguna meningkatkan kinerja perusahaan menjadi labih baik lagi.

4. Tipe Kepemimpinan Situasional

Biasanya tipe pemimpin ini akan bersifat dinamis, yang mana gaya kepemimpinannya mengikuti situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada perusahaan tersebut.
Pemimpin dengan gaya ini biasanya memiliki empat karakter, yaitu:
-Ikut berpaertisipasi dan selalu mensupport karyawan.
-Mempresentasikan strategi yang efektif.
-Membantu menyelesaikan suatu masalah.
-Memberikan keputusan yang bijak.

5. Tipe Kepemimpinan Fasilitator

Untuk tipe kepemimpinan fasilitator ini biasanya lebih cenderung terbuka pada karyawannya. Artinya apabila pemimpin melihat karyawan tersebut kurang mampu menjalankan tugas yang yang diberikan, maka iya akan menanyakan, mengevaluasi dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan karyawan tersebut.

6. Tipe Kepemimpinan Multikultural

Selanjutnya adalah tipe kepemimpinan multikultural, biasanya pemimpin dengan tipe ini memiliki jiwa saling menghargai antar sesama. Serta tidak saling membeda-bedakan anatara Suku, Agama, Ras tertentu dan sangat menjunjung tinggi toleransi dan profesionalisme dalam bekerja.

7. Tipe Kepemimpinan Liberal

Liberal artinya bebas, sesuai dengan katanya tipe pemimpin seperti ini akan cenderung memberikan kebebasan untuk para karyawannya. Biasanya tipe pemimpin seperti ini akan memberikan kepercayaan penuh kepada para karyawannya untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

8. Tipe Kepemimpinan Birokratis

Apabila seorang pemimpin cenderung melibatkan para karyawan saat melakukan pengambilan keputusan untuk perusahaan, artinya pemimpin tersebut menerapkan gaya birokratis. Meski begitu, tipe pemimpin satu ini bisa dikatakan lebih ketat dalam membuat peraturan. Mudahnya, ketika suatu pekerjaan telah diatur tenggat waktunya, pemimpin dengan tipe ini berharap tidak ada kata terlambat untuk alasan apapun. Biasanya, perusahaan dengan fokus bisnis pada aspek kesehatan dan keamanan menerapkan gaya kepemimpinan ini.

9. Tipe Kepemimpinan Strategis

Untuk pemimpin dengan tipe seperti ini biasanya akan selalu berpandangan objektif dalam menilai sesuatu. Artinya dalam memilih karyawan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan, pemimpin lebih mengutamakan prestasi sang karyawan tersebut untuk mengejar goals perusahaan ketimbang kedekatan antar individu.

10. Tipe Kepemimpinan Karismatik

Jenis pemimpin sepertiini adalah yang paling lazim di jumpai, biasanya tipe kepimpinan positif karismatik selalu menilai segala sesuatu dengan objektif dengan sudut pandang yang positif.

11. Tipe Kepemimpinan Otoriter

Berbanding terbalik dengan demokratis, tipe kepemimpinan otoriter adalah pemimpin memiliki hak penuh dalam menjalankan kekuasaan nya. Jadi disini seluruh karyawan berhak mengikuti segala peraturan dan prosedur yang telah pemimpin itu buat,dan tidak boleh membantah sedikitpun.

12. Tipe Kepemimpinan Delegatif

Untuk tipe kepemimpinan ini berbeda dengan tipe pemimpin yang otoriter. Dimana tipe pemimpin ini biasanya memberikan kewenangan kepada karyawannya untuk mengambil keputusan susuai dengan goals yang telah diberikan perusahaan.

13. Tipe Kepemimpinan Transaksional

Tipe kepemimpinan transaksaksioanl biasanya lebih asik dibandingkan dengan jenis kepemimpinan yang lainnya. Dimana bukan hal yang baru bila pemimpin jenis ini memberikan suatu penghargaan bagi karyawan yang dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepadanya.

Related posts

Leave a Comment