FAI UMSU Sukses Gelar International Seminar of Islamic Studies 2023

FAI UMSU Sukses Gelar International Seminar of Islamic Studies 2023

topmetro.news –  Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU) sukses menggelar seminar internasional untuk ke-5 kalinya. Yaitu International Seminar of Islamic Studies (INSIS) pada 15-16 Maret 2023.

Seminar ini berhasil menarik perhatian akademisi dan praktisi. Tidak hanya tadi Indonesia namun juga berbagai negara tetangga seperti Malaysia dan India,  INSIS 5th tahun 2023 diangkat. Dengan tema: The Role of Islam in Achieving Life’s Sustainability with Quality of Education and Economics.

Acara dibuka dengan laporan dari ketua panitia, Ahmad Afandi MM. Ia menyatakan kegiatan ini telah berhasil menarik sebanyak 272 peserta dari Indonesia, Malaysia, dan India yang mendaftar untuk mengikuti seminar ini.

Sebanyak 222 peserta terpilih untuk mempresentasikan paper mereka pada kegiatan INSIS 5th dari berbagai wilayah di Indonesia, Malaysia dan India. Kegiatan ini juga disambut dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, yang mengapresiasi seminar Internasional ini.

Dalam pembukaan seminar, Wakil Rektor 3 UMSU, Prof Rudianto menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan tahunan ini. Sebagai wadah bagi akademisi, praktisi, dan pemerhati pendidikan dan ekonomi Islam untuk berbagi hasil penelitian dan inovasi terkini dalam bidangnya masing-masing.

Kegiatan ini berlangsung dengan sebagai pembicara pembuka Prof Muhammad Qorib (Dekan Fakultas Agama Islam UMSU) sebagai Keynote Speaker, serta sejumlah Invited Speaker dari berbagai negara seperti Prof. Paolo Biancone (University of Turin, Italy), Dr. Suraiya Chapakiya (University Fatoni Thailand), dan Sonny Zulhuda, PhD (International Islamic University Malaysia), Weni Hawariyuni, M.Ec, Ph.D dari College of Business University of Buraimi, Oman.

Sementara dari Indonesia terdapat pembicara yaitu Prof Akrim (Wakil Rektor 2 UMSU), Prof Hermanto Siregar (Rektor of Perbanas Institute), Rifki Ismal. Ph.D (Tazkia Islamic University College), Dr. Siti Mujiatun dan Dr. Rizka Harfiani dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Selain itu, Wakil Dekan 1 FAI UMSU menyambut baik seluruh pembicara yang berasal dari berbagai negara di dunia. Yang telah berkenan menjadi pembicara dalam seminar internasional ini. Dan berharap dari kegiatan ini dapat menjalin kerjasama dalam bidang-bidang lain di masa yang akan datang.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari secara online melalui platform Zoom. Membahas berbagai sub tema seperti Islamic Education, Digitalization and Technology-Assisted Learning, Sharia Economics, Islamic Banking and Finance, hingga Digital Economics.

Dengan keberhasilan dan juga antusiasme peserta dari berbagai negara, INSIS 5th tahun 2023 harapannya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dan ekonomi Islam di Indonesia dan dunia.

Rilis

Related posts

Leave a Comment