Bupati Darma Wijaya Ulas Hasil Nyata Progres Pembangunan Serdang Bedagai

Bupati Serdang Darma Wijaya, secara gamblang mengungkap progres pembangunan di kabupaten yang dipimpinnya, sesuai dengan motto 'Sergai Maju Terus', menjadi kabupaten yang 'Mandiri, Sejahtera dan Religius'.

topmetro.news – Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, secara gamblang mengungkap progres pembangunan di kabupaten yang dipimpinnya, sesuai dengan motto ‘Sergai Maju Terus’, menjadi kabupaten yang ‘Mandiri, Sejahtera dan Religius’.

Hal itu diungkapkan Bupati Darma Wijaya saat berbincang-bincang bersama pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut, di Rumah Dinas Bupati, Jumat (16/6/2023).

Politisi PDI Perjuangan itu, menyebut peningkatan infrastruktur jalan mantap di Sergai terealisasi dari 52% tahun 2021, menjadi 78% tahun 2022 dan akan menjadi 85% tahun sampai akhir tahun 2023.

Dikatakan Bupati Darma Wijaya, dirinya rutin melakukan kunjungan kerja ke sentra masyarakat, sehingga dirinya dapat mengetahui titik infrastruktur mana yang belum beres.

Program prioritas infrastruktur itu, tetap berlanjut ke tahun 2024 mendatang. Namun selain itu, prioritas pembangunan juga akan menyasar ke sektor pemberdayaan masyarakat.

“Penyerapan anggaran belanja yang lebih efektif dan efisien, merujuk pada prinsip pengelolaan keuangan negara. APBD Sergai Rp1,6 triliun, kita fokus prioritas ke pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, permukiman dan pertanian, di samping belanja pegawai,” jelasnya.

Tak hanya itu, ada juga program yang dinilai tepat sasaran, yakni pemberian insentif bagi guru mengaji, bilal mayit dan juga kepada guru Sekolah Minggu.

“Ini menggunakan dana non-APBD, yakni dengan menyisihkan zakat pegawai 2,5% bagi yang Muslim, dan ada juga yang Kristen, kesemuanya itu dari Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Sergai,” ujar Bupati lagi.

Selain itu, Bupati Darma Wijaya juga memaksimalkan SPPD (perjalanan dinas) sesuai kebutuhan secara proporsional. Ada juga pengajian rutin setiap 3 bulan di masing-masing kecamatan yang rutin terselenggara.

Bupati juga menggalakkan ‘reward and punishment’ bagi pejabat, sebagai contoh adanya evaluasi tegas bagi beberapa pejabat yang melanggar tugas, pokok dan fungsinya.

“Belajar dari sosok Presiden Jokowi, Beliau adalah salah satu pemimpin yang lahir dari rakyat, bukan keturunan ningrat. Beliau tau persis apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Inilah yang menginspirasi kami dalam membangun Sergai saat ini,” imbuh Darma Wijaya.

Penghargaan SMSI

Pada kesempatan itu, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, melalui Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Darma Wijaya.

Penghargaan ini pun diberikan bukan hanya sebagai mitra pers semata, namun juga sebagai apresiasi kerja nyata dirinya sebagai kepala daerah yang dinilai komit dan serius dalam membangun kabupaten yang dipimpinnya.

“Kita sangat mengapresiasi Bupati Sergai yang telah peduli terhadap organisasi perusahaan media online di Sumut khususnya di Sergai. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus SMSI selama ini dapat berjalan lancar dan sukses, berkat kerjasama yang baik telah dijalin dengan Pemkab Sergai,” ujar Darma Wijaya.

Penyerahan penghargaan turut didampingi Bendahara Agus Lubis, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Benny Pasaribu, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan M Agus Utama, dan Ketua SMSI Sergai Zuhari, pasca-SMSI telah sukses menyelenggarakan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba 2023 di berbagai daerah termasuk Serdang Bedagai pada moment Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari 2023 lalu.

“Saya mewakili seluruh Pengurus SMSI mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan kepala daerah yang turut membantu dan juga mensukseskan acara tersebut,” ujar Erris J Napitupulu.

Bupati Darma Wijaya kepada SMSI Sumut turut menyampaikan ucapan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan. “Ini akan menjadi penyemangat bagi kami untuk bisa terus amanah dalam menjalankan roda pemerintahan, sekaligus sebagai bukti bahwa pers dan pemerintah daerah adalah mitra kerja yang solid dan saling menguatkan,” kata Darma Wijaya.

“Kami pun mengakui masih banyak tugas besar yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskannya. Saya berharap, insan pers turut serta menjadi bagian dalam mendorong keberhasilan program pembangunan di daerah ini,” tutup Bupati.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment