Ketua DPRD Sumut Sidak Proyek Jalur Sejajar Medan-Berastagi

Ketua DPRD Sumut Sidak Proyek Jalur Sejajar Medan-Berastagi

topmetro.news Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting ‘ultimatum’ PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menuntaskan pembukaan jalan sejajar Medan-Berastagi via Kutalimbaru, Senin (10/7/2023).

Diketahui, jalur tersebut merupakan paket proyek pembangunan jalan dan jembatan provinsi yang dikerjakan secara multiyears berbiaya Rp2,7 triliun.

“Jalur sejajar Medan-Tuntungan-via Kutalimbaru-Desa Sukamakmur-Tanduk Benua Deliserdang-Dusun Sembaikan-Desa Jaranguda-Berastagi Karo, harus bisa tembus membelah kawasan hutan dan bisa dilintasi paling lambat Agustus 2023. Guna menghindari kemacetan di jalur Medan-Berastagi yang ada sekarang,” kata Baskami.

Pantauan lapangan, kunjungan Ketua DPRD Sumut di dampingi Dinas PUPR Sumut Marlindo, perwakilan PT SMJ Arman Panjaitan.

Turut hadir Bupati Karo Corry Sebayang, Wakil Ketua DPRD Karo Kristian Sitepu, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kadis PUTR Karo Eduard Sinulingga, Dinas Kominfo Karo F Fernando Surbakti dan tokoh masyarakat Mbelin Brahmana.

Jalan Alternatif

Tambah Baskami, jalan sejajar Medan-Berastagi via Kutalimbaru yang di tangani Dinas PUPR Sumut sepanjang 25 Km.

Jalan yang sudah di aspal 9,360 Km sementara pembukaan kawasan hutan 7,5 Km.

Dari pembukaan kawasan hutan itu, katanya, sudah terbuka 4,5 Km. Sisanya sekitar 3 Km yang belum buka ke Dusun Sembaikan perbatasan Karo Deliserdang.

“Sisanya dari Dusun Sembaikan ke Desa Jaranguda Karo ada sekitar 6 Km. Kondisinya sudah beraspal 3,400 Km dan sisanya jalan berbatu,” tambahnya.

Baskami mengingatkan PT SMJ untuk menggenjot pekerjaan proyek pembukaan kawasan hutan ini. Agar bisa mobil pribadi maupun bus penumpang (non truk) gunakan pada Agustus 2023.

Baskami mengharapkan, agar target pada Desember 2023, bisa berguna sebagai jalur mudik. Guna mengantisipasi kemacetan parah di jalur Medan – Berastagi saat ini.

“Sehingga masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan natal dan tahun Baru bisa lebih nyaman dan terhindar dari kemacetan panjang,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Karo Corry Sebayang menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting yang berkolaborasi membuka jalan sejajar Medan-Berastagi.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Ketua DPRD Sumut dan Gubernur yang menggagas jalan alternatif Medan-Berastagi. Sebagai upaya mengurai kemacetan di jalur yang lama,” tambahnya.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Karo Mbelin Brahmana, mengharapkan kepada PT SMJ untuk terus memacu pembukaan jalan membelah hutan Bukit Barisan yang hanya tinggal 3 Km itu.

Menanggapi tenggat waktu yang Baskami Ginting berikan, pihak PT SMJ Arman Panjaitan menyatakan kesiapannya untuk menyelesaikan pembukaan jalan lewat kawasan hutan tuntas Agustus 2023.

“Kita janji, Agustus ini sisa 3 Km lagi jalan yang membelah kawasan hutan, akan selesai. Sehingga sudah bisa dilintasi nantinya,” ujarnya.

Penulis: Erris

 

Related posts

Leave a Comment