Sehari Setelah Aksi Damai HBB di Mapolestabes Medan, BS Hadiri Undangan Penyidik untuk Dimintai Keterangannya

BS menghadiri undangan Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Sat Reskrim Polrestabes Medan untuk dimintai keterangannya, Selasa (15/8/2023).

topmetro.news – BS menghadiri undangan Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Sat Reskrim Polrestabes Medan untuk dimintai keterangannya, Selasa (15/8/2023). Sebelumnya, Horas Bangso Batak (HBB) sudah melaporkan BS serta melakukan aksi damai di Mapolresta Medan.

Menjawab konfirmasi, Kasat Reskrim Polrestabes Medan T Fathir Mustafa melalui Kanit Pidsus Iptu Widiyatma Lumbanraja membenarkan pemeriksaan BS. “Terlapor berinisial BS hari ini sudah memenuhi panggilan/undangan penyidik. Saat ini terlapor sedang dimintai keterangannya oleh penyidik kita,” ungkapnya via seluler.

Saat ditanya apakah BS usai dimintai keterangannya akan dilakukan penahanan, Kanit Pidsus menegaskan pihaknya terlebih dahulu melakukan gelar perkara. “Kita melakukan gelar perkara dulu untuk menentukan arah langkah selanjutnya,” ujarnya.

Ditanya pasal apa yang disangkakan kepada terlapor, Iptu Widiyatma menyebutkan BS disangkakan dengan Pasal 28 Ayat (2) mengenai penyebaran informasi yang menimbulkan permusuhan, kebencian, dan mengandung unsur SARA.

BACA JUGA | Teriakan ‘Tangkap Boasa’ Bergema di Mapolrestabes Medan

Aksi Damai

Sebelumnya, puluhan massa yang terdiri dari Aliansi Masyarakat Sumut dan Horas Bangso Batak (HBB) menggelar aksi damai di depan Mapolretastabes Medan Jalan HM Said Medan, Senin (14/8/2023) pagi.

Mereka meminta polisi agar menangkap BS yang diduga telah menyebarkan berita bohong, menimbulkan keonaran dan keresahan di tengah-tengah masyarakat. Terlebih di tengah-tengah Aliansi Masyarakat Sumut dan anggota HBB.

Sebelumnya, HBB sudah melaporkan BS ke Polrestabes Medan dengan Nomor LP/B/2602/VIII/2023/SPKT/Polrestabes Medan/Polda Sumatera Utara dan LP/B/2510/VII/2023/SPKT/Polrestabes Medan.

Hampir satu jam berorasi, perwakilan pendemo diterima petugas ke dalam Mapolrestabes. Hasil pertemuan dengan penyidik, BS akan diperiksa pada Selasa.

“Dari hasil pertemuan kami di dalam, penyidik menyebutkan sudah memanggil BS dan akan diperiksa besok,” kata Ketua DPC HBB Kota Medan Poltak Tampubolon sembari menambahkan dia meminta Polrestabes Medan agar serius menangani kasus ini.

Sementara itu Ketua DPD HBB Sumut Thomson Parapat juga menegaskan BS harus ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment