Caleg DPRD Sumut Bobby Zulkarnain Dukung Aspirasi Masyarakat Terkait Pemekaran Kabupaten Deli Serdang

Bobby Octavianus Zulkarnain, mendukung keinginan kuat masyarakat sejumlah kecamatan di Deli Serdang untuk pemekaran wilayah tersebut, sehingga terbentuk kabupaten baru.

topmetro.news – Politisi Partai Gerindra Sumut, Bobby Octavianus Zulkarnain, mendukung keinginan kuat masyarakat sejumlah kecamatan di Deli Serdang untuk pemekaran wilayah tersebut, sehingga terbentuk kabupaten baru. Apalagi jika semangatnya adalah untuk pemerataan pembangunan atau menekan angka kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Bobby Octavianus Zulkarnain yang merupakan calon legislatif (caleg) untuk DPRD Sumatera Utara dari Dapil Sumut 3 (Deli Serdang), merespon aspirasi tersebut usai melakukan sejumlah kunjungan dan sosialisasi ke wilayah-wilayah di dapil-nya.

“Terutama wilayah dapil di beberapa kecamatan yang selama ini masyarakatnya telah menginginkan pemekaran wilayah Kabupaten Deli Serdang menjadi kabupaten baru,” kata Bobby kepada wartawan di Medan, Senin (25/9/2023).

Di antara wilayah tersebut, kata Bobby adalah, Kecamatan Sunggal, Kutalimbaru, Pancurbatu, Sibolangit. Kemudian, Sibirubiru, Namorambe, Delitua, Patumbak, STM Hulu, dan STM Hilir.

“Wacana pemekaran ini kan sudah ada sejak lama. Ini satu hal yang lumrah, mengingat luas wilayah Deli Serdang. Yang saya jalani sendiri selama melakukan sosialisasi, jarak antar wilayah terlalu jauh. Sehingga wajar jika kemudian masyarakatnya ingin kemudahan ketika hendak mengurus sesuatu ke pusat pemerintahan,” ungkapnya.

Untuk itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumut tersebut mengatakan, harus ada pembahasan secara komprhensif soal wacana pemekaran Kabupaten Deli Serdang.

“Tentunya dengan melakukan tinjauan-tinjauan, seperti aspek yuridis, ekonomi, sosio-kultural, dan sebagainya,” sambung Bobby.

Potensi Wilayah

Sejauh ini, Bobby melihat, wilayah-wilayah yang menginginkan pemekaran cukup memiliki keunggulan komparatif. Di antaranya dengan potensi-potensi bidang pertanian, perkebunan, pariwisata, serta perdagangan.

“Saya kira itu cukup mendukung. Selain sebagai sumber perekonomian masyatakat, juga akan mampu menjadi penopang bagi PAD jika suatu saat nanti wilayah tersebut jadi berdiri sendiri,” ujarnya.

Kembali, Bobby Zulkarnain menilai, sangat wajar ada usulan pemekaran Kabupaten Deli Serdang. Di mana dasarnya adalah, keinginan masyarakat untuk mendapatkan aspek pemerataan pembangunan serta mendekatkan pelayanan publik.

“Jadi, diharapkan bisa tercapainya pemerataan dan percepatan pembangunan dengan jenjang pengawasan yang lebih mudah. Serta pelayanan kepada masyarakat yang juga lebih dekat,” tambah Ketua Badan Cyber Media Gerindra Sumut ini.

Bobby pun mengetahui sudah ada tokoh-tokih masyarakat yang membentuk panitia pemekaran Kabupaten Deli Serdang. Serta juga telah menyampaikan usulan tersebut ke pemerintah kabupaten serta provinsi dan DPRD Sumut.

Namun belum adanya rekomendasi dari Bupati Deli Serdang serta adanya keputusan pemerintah pusat untuk melakukan moratorium pemekaran daerah, jadi penghambat realisasi usulan tersebut.

“Hanya saja, dengan adanya aspirasi yang kuat dari masyarakat yang sangat menginginkan adanya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan, wacana ini harus terus disikapi bersama seluruh pemangku kebijakan. Sehingga pada waktunya nanti bisa ada pembahasan lebih komprehensif,” tutup Bobby.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment