Pertemuan Kepala Daerah se-Indonesia, Hassanudin Pastikan Pemprov Sumut Menindaklanjuti Enam Arahan Presiden

Pj Gubernur Hassanudin memastikan Pemprov Sumut akan menindaklanjuti enam arahan Presiden RI Joko Widodo. Di mana Jokowi memberikan arahan tersebut saat bertemu para kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

topmetro.news – Pj Gubernur Hassanudin memastikan Pemprov Sumut akan menindaklanjuti enam arahan Presiden RI Joko Widodo. Di mana Jokowi memberikan arahan tersebut saat bertemu para kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Keenam arahan dari Joko Widodo antara lain tentang pengendalian inflasi, super el nino, kemudahan perizinan investor, alokasi dana untuk stimulus ekonomi, mendukung program prioritas pemerintah, penurunan angka kemiskinan ekstrim, dan ASN netral di Pemilu.

Hassanudin yang hadir pada pertemuan tersebut mengatakan, Pemprov Sumut akan berupaya maksimal untuk mengimplementasikannya.

“Ada enam arahan Presiden. Tentu kita akan tindak lanjuti dan kita implementasikan di Sumut. Sehingga sosial ekonomi kita tetap baik dan stabil,” kata Hassanudin, usai pertemuan.

Terkait inflasi, Juli 2023 Sumut berada di angka 2,54% year on year (yoy), 0,11% lebih tinggi dari nasional di periode yang sama. Ini akibat naiknya harga kebutuhan pangan, minuman, dan tembakau. Hassanudin mengatakan, Pemprov Sumut telah melakukan beberapa program. Sehingga saat ini harga pangan, terutama beras telah stabil.

“Sudah stabil setelah kita beberapa kali melakukan program-program seperti pasar murah dan intervensi pasar. Kita akan terus berupaya menjaga kestabilan harganya,” kata Hassanudin.

Selain keenam arahan di atas, Presiden RI Joko Widodo juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menjaga kerukunan masyarakat, karena sebentar lagi akan memasuki tahun politik. Joko Widodo meminta pemerintah segera mendeteksi permasalahan sedini mungkin.

“Yang terakhir, menjaga kerukunan di tingkat bawah. Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik. Selesaikan dengan baik,” kata Joko Widodo.

Selain seluruh kepala daerah, pada pertemuan itu juga hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Mendagri Tito Karnavian. Hadir juga perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Menpan RB, Kementerian PPN Bappenas, dan Kemendikbud Ristek.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment