Banjir Bandang Landa Wisata Batu Katak dan Merusak Rumah Warga

Banjir bandang kembali melanda lokasi wisata alam Batu Katak di Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, Selasa (14/11/2023).

topmetro.news – Banjir bandang kembali melanda lokasi wisata alam Batu Katak di Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, Selasa (14/11/2023).

Informasi dari Kapolsek Salapian Polres Langkat, pihaknya saat ini mengevakuasi dan membantu warga masyarakat yang mengalami musibah banjir bandang yang juga merusak rumah warga di Dusun Simpang Telu Desa Pancowarno Kecamatan Salapian.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH melalui Kapolsek Salapian Iptu Hotdiatur AW Purba STrk, menyebut, pihaknya bersama personil Polsek Salapian, Bhabinsa dan Kepala Dusun serta warga masyarakat langsung turun ke lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi warga masyarakat yang terdampak musibah banjir bandang.

Dari data yang diperoleh pihak Polsek Salapian, ada sekitar 7 KK yang terdampak musibah banjir bandang. Yakni Suparmin, Sanggup Sembiring, Thomas Alva Edison Sembiring, Syahrial Sebayang, Martalena Br Sembiring, Asmaria Br Sembiring, dan Karo Br Sitepu.

“Dalam musibah banjir bandang ini tidak ada korban jiwa. Hanya mengalami kerugian materi berkisar sebesar Rp400.000.000,” ujarnya.

Kapolsek Salapian Iptu Hotdiatur menjelaskan, dari keterangan saksi musibah banjir bandang itu terjadi pada Hari Selasa (14/11/2023), sekira pukul 00.15 WIB. Lokasinya Dusun Simpang Telu Desa Ponco Warno Kecamata Salapian.

Kronologi

Saksi menjelaskan, pada pukul 00.15 WIB, ia saat itu sedang istirahat. Namun saksi terbangun dan melihat air sungai sudah masuk ke dalam rumah. Kemudian saksi bersama warga langsung mengimbau kepada masyarakat agar keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

Pada pukul 02.30 WIB dini hari, air sungai sudah mulai surut. Warga pun juga sudah kembali ke rumah masing-masin, untuk melihat kondisi rumah dan mengamankan barang-barang dan harta benda warga terdampak ke tempat yang lebih aman.

Kapolsek Salapian Iptu Hotdiatur AW Purba STrk dan personil segera turun ke lokasi dan membantu masyarakat yang tertimpa musibah banjir bandang. Antara lain dengan membantu sembako berupa beras, mie instan, dan telur.

“Inilah bentuk kepedulian pihak Polres Langkat dan jajarannya dalam membantu warganya yang tertimpa musibah,” ujar Kapolsek mewakili Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH.

Terpisah, Kepala Desa Sampe Raya Kecamatan Bahorok Bahagia Ginting, menjawab konfirmasi topmetro.news mengatakan banjir bandang yang terjadi malam tadi tidak melanda lokasi Wisata Alam Bukit Lawang.

“Alhamdulillah. Banjir bandang yang terjadi malam tadi tidak menerjang Bukit Lawang. Intinya Bukit Lawang aman. Tapi Wisata Alam Batu Katak yang terdampak,” ujarnya melalui WhatsApp, Kamis (14/11/2023).

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment