Peringatan HKN ke- 59, Dinkes Toba Isi Berbagai Kegiatan, 6 Puskesmas Raih Predikat Akreditasi

Dinas Kesehatan Toba menggelar berbagai kegiatan. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Toba.

topmetro.news – Dinas Kesehatan Toba menggelar berbagai kegiatan. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Toba.

Ada pun tema Peringatan HKN ke-59 Tahun 2023 adalah, ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’.

Ketua Panitia Pelaksana dr Vransisca Marpaung menuturkan, pihaknya menginisiasi berbagai kegiatan di HKN Tahun 2023, selain untuk meningkatkan soliditas sesama tenaga kesehatan, menstimulasi mutu pelayanan tenaga kesehatan (nakes)) di Toba, juga untuk mengajak masyarakat lebih menghargai arti kesehatan.

“Peringatan HKN di Toba, kali ini dilaksanakan selama dua hari, 13-14 November. Yakni, senam massal, dihadiri lebih kurang 400 urang yang diikuti lingkup Dinkes Toba, Pemkab Toba, dan mitra institusi kesehatan lainnya,” sebut Kabid Dinkes PDSK Toba itu, saat ditemui di lokasi acara pelaksanaan, sekitaran Tugu Mayjen (Anm) DI Panjaitan, Balige, Kelurahan Napitupulu Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Senin, (13/11/2023).

Lanjut Kabid Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan itu, selain senam massal, cek gula, kolesterol, asam urat gratis bagi masyarakat, HKN di Toba, juga meriah dengan berbagai lomba. Baik yang melibatkan langsung partisipasi masyarakat, maupun khusus lingkup Dinas Kesehatan Toba, dan mitra institusi kesehatan nonpemerintah.

“Kita juga menginisiasi lomba baduta dan batita sehat. Penilaiannya dari pertumbuhan dan respon motoriknya. Selain itu dokter cilik, dengan harapan, mereka menjadi ikon kesehatan di lingkup sekolah dan tempat tinggalnya. Selain itu lomba senam bagi lansia, dan promosi penyuluhan kesehatan,” sebutnya lagi.

“Khusus bagi nakes di Toba dan mitra kita, nakes nonpemerintah, kita buat lomba, membawa air di dalam botol. Mengisi air ke dalam botol, tarik tambang, dan lari goni,” sebutnya lagi.

Ia menambahkan, penyerahan hadiah para juara berlangsung saat acara puncak Peringatan HKN ke-59, di Venue Bontean Balige.

Puskesmas Berprestasi

Selain itu, dr Vransisca juga menyampaikan bahwa di acara puncak, pada Upacara Peringatan HKN di Toba, Selasa (14/11/2023), juga ada pengumuman beberapa UPT Puskesmas berprestasi. Yakni meraih predikat akreditasi atas penilaian lembaga independen, yang sebelumnya ditunjuk pihak Kemenkes RI.

Menurut Vransisca ada 6 UPT puskesmas di Toba yang meraih predikat akreditasi. Yakni, Puskesmas Ajibata meraih Akreditasi Paripurna. Kemudian Akreditas Utama oleh Puskesmas Tampahan, Tandang Buhit, Soposurung, dan Puskesmas Sigumpar. Sedang Peringkat Madya adalah Puskesmas Laguboti.

Ia meneruskan, pada saat Upacara Peringatan HKN di Toba, Dinas Kesehatan Toba akan menggunakan tema busana Adat Nusantara. Serta penutupan rangkaian kegiatan dengan acara defile.

“Busana Adat Nusantara dan defile dari tenaga nakes se-Kabupaten Toba akan memeriahkan Upacara Peringatan HKN Ke-59, Tingkat Kabupaten Toba,” pungkasnya.

Diketahui, bahwa Hari Kesehatan Nasional, setiap tahunnya, diperingati pada 12 November, yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Presiden Ir Soekarno di tahun 1964. Ini merupakan tonggak sejarah keberhasilan Indonesia dalam pemberantasan penyakit malaria.

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment